Pemprov Sulsel Dianugerahi Provinsi Sehat Oleh Kemenkes dan Mendagri RI

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan dianugerahi sebagai salah satu provinsi sehat dari 6 provinsi se-Indonesia oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementrian Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia.   

Penganugerahan tersebut berdasarkan nomor surat KL.01.05/3/ 4499/2019. Dalam surat tersebut terlampir juga Gubernur Sulsel Prof H M Nurdin Abdullah diundang khusus sebagai pembicara dalam acara Talk show tentang sukses Sulsel membina kabupaten dan kota sebagai kabupaten dan kota sehat.  

Nurdin Abdullah berbicara tentang sukses menekan angka kematian ibu dan anak saat menjadi Bupati Bantaeng periode 2008 - 2018. 

Gubernur Sulsel tampil di hadapan gubernur dan bupati serta walikota se Indonesia di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Selasa 19 November 2019.  

Mantan Bupati Bantaeng dua periode ini diberikan kesempatan untuk berbicara dalam kapasitas sebagai pembina terbaik terhadap kabupaten kota dan seluruh OPD Pemprov Sulsel sebagai provinsi sehat.   

Selain Gubernur Sulsel diundang juga Walikota Tangerang, Provinsi Banten berbicara dalam dengan tema bagaimana mengatur pariwisata di daerah.

Sementara, Bupati Way Kanan, Provinsi Lampung sendiri diberikan kesempatan untuk berbicara dengan tema bagaimana upaya menggerakkan seluruh OPD dalam menyelenggarakan daerah sehat.   

Pada kesempatan tersebut Gubernur Sulsel menyampaikan, semasa dirinya menjabat sebagai Bupati Bantaeng berhasil menekan angka kematian ibu dan anak melalui sistem pelayanan ambulance mobile. 

Rakyat Bantaeng mengalami gangguan kesehatan cukup menelepon 119 tim ambulance yang dilengkapi dokter, perawat, dan bidan dalam waktu 20 menit tiba di rumah penelepon. 

Setelah terpilih menjadi Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mendekatkan pelayanan kesehatan melalui kebijakan membangun lima Rumah Sakit (RS) regional di beberapa kabupaten dan kota di Sulsel.  

"Salah satu cara mengatasi dengan membangun RS regional supaya jarak rujukan lebih dekat. olehnya itu Pemprov Sulsel membangun RS Regional yang hemat jarak dan hemat biaya, hal juga didukung oleh sinergitas antara pemerintah provinsi dengan kabupaten kota," ungkap Prof Nurdin Abdullah melalui Talk show di Mendagri RI. (rah)