Pemprov Kalteng Berkomitmen Tingkatkan Kualitas SDM Pemuda

By Abdi Satria


nusakini.com-Palangkaraya-Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Pemuda dan Olahraga dan Oganisasi Perangkat Daerah terkait, berkomitmen meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pemuda Kalimantan Tengah. Peningkatan Kualitas Pemuda itu meliputi kualitas pendidikan, derajat kesehatan dan ketrampilan kewirausahaan pemuda melalui pelatihan-pelatihan yang berorientasi pada dunia usaha dan industri untuk peningkatan kehidupan perekonomian pemuda. 

“Pembangunan bidang kepemudaan harus dilakukan secara sinergis oleh Dispora dan OPD terkait, termasuk di antaranya dalam mencetak lulusan Perguruan Tinggi yang mampu menghadapi tantangan di era globalisasi, digitalisasi dan teknologi yang kini maju pesat”, kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dalam sambutan dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Yuel Tanggara ketika membuka Sosialisasi Penyusunan Indek Pembangunan Pemuda (IPP) Provinsi Kalimantan Tengah 2019 di Palangka Raya, Jumat (6/12/2019). 

Disebutkan, Data Indek Pembangunan Pemuda Kalimantan Tengah tahun 2018 mencapai nilai 50,17 atau pada peringkat ke - 19 dari 34 Provinsi di Indonesia. “Indek Pembangunan Pemuda Kalimantan Tengah ini bisa meningkat kalau semua Kabupaten dan Kota bersama-sama bergerak maju membangun kepemudaan dengan meningkatkan program kegiatan dan anggaran kepemudaannya”, terang Gubernur. 

Untuk itu Sugianto Sabran meminta Bupati dan Walikota agar mempelajari dan mengimplementasikan Peraturan Presiden Nomor : 66 Tahun 2017 tentang Koordinasi Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan. “Saya berharap Bupati dan Walikota mempelajari Perpres tersebut, cermati dengan baik dan implementasikan dalam kebijakan terkait program kepemudaan di daerah masing-masing,” tegas Sugianto Sabran. 

Bupati dan Walikota juga diminta meng-update data kepemudaan bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik. “Begitu juga OPD terkait di Provinsi harus pro aktif menghimpun data kepemudaan dari Kabupaten/Kota,” imbuh Gubernur seraya menjelaskan beberapa faktor penting dalam meningkatkan kualitas pemuda untuk mendukung data kepemudaan sebagai kriteria dalam menentukan IPP di suatu daerah. 

Sosialisasi Penyusunan Indek Pembangunan Pemuda (IPP) Kalimantan Tengah tahun 2019, dihadiri Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kemenpora RI Esa Sukma Wijaya, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda Kalimantan Tengah.(p/ab)