Pemprov DKI Lakukan Disinfeksi Gunakan Drone dan Spray Darat di Lima Wilayah Kota

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan disinfeksi menggunakan drone dan spray darat di permukiman warga di lima wilayah Kota Administrasi. Penyemprotan disinfektan ini dilakukan selama dua hari. 

Pada hari pertama, Minggu (29/3), penyemprotan disinfektan dengan drone dan spray darat dilakukan di rmpat wilayah Kota Administrasi sejak pukul 07.00 WIB, yaitu Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Sedangkan, untuk Jakarta Pusat, penyemprotan disinfektan dilaksanakan Senin (30/3).

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto, selaku penanggung jawab penyemprotan disinfektan menggunakan drone dan spray darat ini menyampaikan, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada warga terkait penyemprotan tersebut. 

Sejumlah jajaran Pemprov DKI Jakarta turut mendampingi pilot drone saat melaksanakan disinfeksi ini yakni, BPBD Provinsi DKI Jakarta, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, serta kurah setempat. 

"Kali ini, dalam pelaksanaan penyemprotan disinfektan kami menggunakan media drone. Meskipun demikian, tim penyemprotan dan pendamping pilot drone tetap menggunakan Alat Pelindung Diri (APD)," ujar Sabdo, dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta. 

Sabdo juga memberikan rincian wilayah penyemprotan disinfektan menggunakan drone dan spray darat, antara lain: 

Minggu, 29 Maret 2020; 

1. Jakarta Utara, di wilayah Bukit Golf Mediterania, Muara Karang, dan Pluit Timur 

2. Jakarta Barat, meliputi beberapa wilayah di Taman Kedoya Permai dan Jalan Duri Mas 

3. Jakarta Selatan, di sekitar Jalan Bintaro Melati dan Jalan Pesanggrahan Permai 

4. Jakarta Timur, di sekitar Jalan Pendidikan, Jalan Kelapa Hijau, dan Jalan Mayang 

Senin, 30 Maret 2020 

1. Jakarta Pusat, di sekitar Jalan Kebon Kosong dan Jalan Sudirman - Thamrin 

Penyemprotan disinfektan menggunakan drone dan spray darat ini diharapkan dapat mengurangi sebaran virus COVID-19. Masyarakat diimbau untuk tetap berada di rumah, menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, rajin mencuci tangan, dan hanya bepergian untuk melakukan kegiatan yang mendesak seperti memenuhi kebutuhan pokok.(p/ab)