Pemkot Jakut Usung Kemajemukan Budaya di Pawai Lebaran Betawi 2019

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara menampilkan ondel-ondel dan barongsai di pawai Lebaran Betawi 2019. Penampilan keduanya diiringi atraksi silat para jawara Betawi asal Jakarta Utara. 

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudin Parbud) Jakarta Utara, Rus Suharto mengatakan, penampilan barongsai, ondel-ondel dan para jawara dilengkapi dengan kesenian sejumlah daerah di Indonesia mencerminkan kemajemukan masyarakat Jakarta Utara.

Menurut Rus, selama ini kemajemukan budaya dan kehidupan bermasyarakat di Jakarta Utara bisa terjaga dengan baik. 

"Pakaian adat yang dikenakan peserta pun berasal dari berbagai daerah. Ini menunjukkan kemajemukan yang ada di Jakarta," katanya, Minggu (21/7). 

Rus menjelaskan, para peserta pawai tersebut merupakan perwakilan masyarakat dari enam kecamatan di Jakarta Utara. 

Wali Kota Jakarta Utara, Syamsudin Lologau menambahkan, Lebaran Betawi ini merupakan sarana bersilaturahmi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan. 

"Lebaran Betawi ini mengingatkan kita untuk saling bersilaturahmi, saling maaf memaafkan. Serta meningkatkan persatuan dan kesatuan," ujarnya. 

Selain ajang silaturahmi, lanjut Syamsudin, acara ini juga sebagai sarana menggali potensi kebudayaan di Jakarta agar dilestarikan dan tetap berkembang sepanjang masa. 

Selama tiga hari penyelenggaraan, Syamsudin menerangkan, Pemkot Administrasi Jakarta Utara menghadirkan berbagai ornamen khas destinasi wisata kawasan pesisir. Mulai dari rumah singgah si Pitung, Menara Syahbandar, hingga kesenian Kroncong Tugu yang kini menjadi warisan kebudayaan dunia. 

"Kita tampilkan beberapa destinasi wisata pesisir ini sebagai ajang mempromosikan kebudayaan," tandasnya.(p/ab)