Pemkot Jakpus Bentuk Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jakarta Pusat mengadakan acara Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial tingkat kota, di Ruang Serbaguna, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat


Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara mengatakan, seluruh elemen harus dilibatkan untuk penanganan masalah konflik sosial. Tim ini harus bisa lebih peka melihat potensi konflik yang ada di masyarakat.


"Mereka harus bisa melihat dan peka terhadap kehidupan masyarakat sekitar. Jika ada permasalahan sosial yang harus ditangani, bisa dirembukan bersama pemerintah,"


Sementara itu, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jakarta Pusat, Fuadi menambahkan, peran pemerintah di sini untuk menganalisa dan membuat kebijakan untuk penyelesaian masalah.


"Misalnya apabila ada tawuran di daerah tertentu Kesbangpol juga harus bisa menjawab dan memberi solusi," tuturnya.


Untuk itu, Fuadi meminta kepada unit kerja perangkat daerah (UKPD) dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) bisa bekerja sama untuk menyelesaikan konflik-konflik sosial masyakarat.


"Masih banyak UKPD lainnya yang terlibat dalam penyelesaian masalah konflik sosial di kalangan masyarakat. Maka dari itu pertemuan seperti ini harus terus dilakukan," tandasnya.(pr/kj/al)