Pemkab Solok Selatan Tambah Jaringan Listrik

By Admin

nusakini.com-- Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menambah jaringan listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik warga di empat jorong yang berbeda.

"Penambahan jaringan ini sedang proses tender. Adanya penambahan ini diharapkan kebutuhan listrik warga secara bertahap bisa dipenuhi," kata Kepala Seksi Kelistrikan Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Zilhamri di Padang Aro, Jumat.

Dia mengatakan penambahan jaringan baru ini dilakukan di Jorong Sungai Bamban, Nagari Padang Limau Sundai, Kecamatan Sangir Batang Hari, delapan tiang.

Selanjutnya tiga lagi di Nagari Lubuak Gadang yaitu Jorong Rimbo Tangah 10 tiang, Sungai Padi delapan tiang yang merupakan lanjutan tahun lalu serta Durian Taruang 10 tiang.

Selain itu, katanya, Perusahaan Listrik Negara juga menambah delapan titik jaringan baru melalui listrik desa (lindes) tetapi pihaknya belum mengetahui lokasinya.

Ia menyebutkan di Kabupaten Solok Selatan masih banyak Jorong yang belum dialiri listrik dan sebagian besarnya berada di daerah sulit atau infrastrukturnya belum memadai.

Daerah yang belum dialiri listrik, sebutnya, 17 Jorong berada di Kecamatan Sangir Batang Hari dan sebagian besar berada di empat kenagarian Lubuak Ulang Aling yang memang masih susah aksesnya seperti Koto Ranah, Batu Gajah, Tanah Galo, Pulau Karam, Sungai Panuah dan Gasiang.

Selanjutnya di Kecamatan Sangir Jujuan ada dua Jorong, Sangir Balai Janggo lima Jorong, Sangir tiga Jorong, Pauah Duo dua Jorong serta Koto Parik Gadang Diateh tiga Jorong.

"Di Sungai Pagu sudah semua Jorong dialiri listrik, sedangkan yang masih banyak terdapat di daerah yang sulit aksesnya," kata dia.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Solok Selatan Armen syah Johan mengatakan, pemerintah daerah harus mempercepat proses penambahan jaringan listrik untuk memenuhi kebutuhan warga.

"Kita banyak mendapat keluhan dari warga yang belum menikmati listrik dan pemerintah harus mempercepat proses penambahan jaringan baru," katanya.

Sebagai contoh, katanya, di Jorong Batu Bajarang Kecamatan Pauah Duo banyak warga yang mengeluhkan belum adanya jaringan listrik PLN sehingga butuh perhatian pemerintah.