Pemilihan Ketum Golkar Diputuskan Tertutup

By Admin


nusakini.com - Akhirnya Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar memutuskan bakal memilih ketua umum melalui voting tertutup dengan prinsip menghormati kerahasiaan pilihan peserta.

"Yang kita kenal adalah pemilihan ketum dilaksanakan secara langsung, bebas, dan rahasia. Itu kalimatnya begitu dalam Pasal 25 ayat 1 Tata Tertib yang tadi sudah kita sahkan," kata Ketua Steering Committee Munaslub Nurdin Halid usai Rapat Paripurna Munaslub Golkar, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Badung, Minggu (15/5/2016). 

Pengesahan Pasal 25 ayat 1 itu dilakukan lewat musyawarah mufakat yang berproses alot dalam Rapat Paripurna Munaslub Golkar. Pasal 25 ayat 1 itu berbunyi "Pemilihan Ketua Umum/Ketua Formatur dilakukan secara langsung, bebas dan rahasia". Namun ini belum langsung dikatakan sebagai voting tertutup. 

"Kita tidak mengenal yang namanya tertutup atau terbuka," kata Nurdin. 

Prinsip 'rahasia' dalam pemilihan dinyatakan Nurdin sebagai pemilihan tanpa diketahui siapapun soal pilihan yang bersangkutan. Namun demikian, soal cara pemilihan voting terbuka atau voting tertutup, Munaslub belumlah memutuskannya. Keputusan soal cara pemilihan itu akan diproses pada Senin (16/5/2016) besok. 

"Itu nanti sesinya pada Rapat Paripurna ke-6, besok, tentang tata cara dan kriteria pemilihan caketum. Itu dibahas di situ lagi," kata Nurdin.(mk)