Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 2018 Jatuh Pada Jumat (15/6)

By Admin

nusakini.com--Kementerian Agama Republik Indonesia telah menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1439 Hijriah. Hasilnya 1 Syawal jatuh bertepatan pada Jum'at (15/6)

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, selaku pemimpin sidang menjelaskan, keputusan itu diambil berdasarkan dua hal, yaitu perhitungan hisab dan metode rukyat berdasarkan laporan petugas yang melakukan pengamatan di 97 lokasi pengamatan dari Aceh hingga Papua.

Dari pengamatan tersebut, lanjut dia, setidaknya ada 12 pelaku rukyatul hilal dari kota Manado, Palu, Gresik juga dari Jogjakarta kemudian dari Jakarta Utara dimana 12 nya yang bertugas di bawah sumpah menyatakan kesaksiannya melaporkan melihat hilal. Dengan demikian, mulai malam ini, dinyatakannya telah memasuki 1 Syawal 1439 Hijriah. 

"Maka sidang isbat tadi telah menetapkan bahwa 1 Syawal 1439 hijriah jatuh pada Jum'at (15/6). Dengan demikian besok hari kita tidak lagi berpuasa, seluruh umat muslim akan menunaikan salat id dengan demikian kita secara bersama sama memasuki satu Syawal dengan kebersamaan dan mudah mudahan hikmah yang kita dapat besar hikmahnya yang diturunkan Allah," kata Menteri Lukman saat memberikan keterangan pers di Gedung Kementerian Agama, Kamis (14/6).(v/ab)