Pemerintah Fokus Kembangkan 10 Destinasi Wisata

By Admin

nusakini,com-- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli mengungkapkan, pemerintah tengah fokus mengembangkan 10 destinasi wisata tanah air.

Kesepuluh tujuan wisata tersebut di antaranya, Danau Toba Sumatera Utara, Tanjung Layang Belitung, Tanjung Lesung Banten, Pulau Seribu DKI Jakarta, Borobudur Jawa Tengah, Bromo Jawa Timur, Malerita Lombok, Pulau Komodo Labuan Bajo, Wakatobi Sulawesi Utara dan Morotai Maluku Utara.

Menurut Rizal, jumlah anggaran yang tersedia untuk pengembangan kawasan wisata sebelumnya dibagi ke 80 tujuan wisata dan 200 lokasi tambahan. Oleh karena itu, hasilnya justru tidak maksimal.

"Makanya saat ini kita hanya fokus di 10 tujuan utama supaya ada uang cukup untuk infrastruktur seperti pelabuhan, bandara dan lain-lain. Kita harapkan dengan ini kawasan wisata bisa berkembang," kata Rizal di Monas, Minggu (15/5).

Selain itu, Rizal akan mempermudah perizinan kapal-kapal yang akan memasuki wilayah Indonesia. Langkah itu akan sangat memengaruhi banyaknya wisatawan yang datang ke Indonesia.

"Agar orang berkunjung ke Indonesia mudah dan wisatawan meningkat dengan cepat. Kita akan permudah izin untuk kapal Cruise (pesiar) dan Yacht (layar) supaya makin banyak orang datang ke Indonesia," jelasnya.(v/ab)