Pemerintah Bakal Beri Bantuan 3.500 Kapal pada Nelayan di Seluruh Indonesia

By Admin


nusakini.com - Banyuwangi - Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan rencananya bakal memberikan bantuan kapal kepada para nelayan di tahun 2016. Sebanyak 3500 kapal akan dibagikan kepada kelompok nelayan di seluruh Indonesia.

Menurut Menteri Koordinator (Menko) Maritim, Rizal Ramli, pemberian bantuan ini untuk menunjang kelancaran usaha para nelayan dalam menangkap ikan. Namun pemberian kapal secara gratis ini juga akan melihat perbandingan populasi kapal dan laut. 

"Kita akan bagi 3.500 kapal. Pemerintah sudah pesan kapal ini. Jika populasi kapal sudah banyak ya kita kurangi jumlah donasi kapalnya. Kalau butuh banyak seperti di Natuna, ya kita perbanyak," ujar Rizal Ramli saat melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Sabtu (9/4/2016) 

Rizal menyebutkan bahwa bantuan kapal ini akan disebar keseluruh pelosok Indonesia dengan jumlah yang bervariasi. Selain itu, untuk kapasitas kapalnya juga nantinya juga berbeda-beda. Kapal-kapal ini, tambah Ramli, biaya pengadaannya diambil dari APBN 2016. (ip/mk)