Pemerintah Antisipasi Wabah Virus MERS Di Musim Haji 2016

By Admin

nusakini.com--Kementerian Kesehatan RI mengimbau kepada jemaah calon haji tahun 1437H/2016M untuk lebih waspada dan selalu menjaga kesehatan ketika berada di Tanah Suci saat menjalankan ibadah haji. Ini guna mencegah tertularnya virus MERS, yang bisa saja menyebar saat musim haji. 

"Menkes di sana (Arab Saudi) menyadari dan mereka melakukan berbagai upaya pencegahan. Jadi mereka tahu jangan sampai ini kena sampai ke jamaah haji. Itu kami bicarakan waktu kami ke Arab Saudi," jelas Nila, usai rapat koordinasi tingkat menteri di Kantor Kemenko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Rabu (18/5)

Seperti diketahui, kuota jemaah haji Indonesia pada musim haji 2016 masih sebesar 168.800 jemaah. Terdiri dari 155.200 jemaah haji reguler dan 13.600 jemaah haji khusus. Dengan jumlah yang tidak seditik, dan banyak juga jemaah berisiko tinggi karena sudah berusia lanjut, penyebaran virus MERS memang perlu diantisipasi."Tahun lalu di Riyadh (terindikasi Mers). Tapi enggak sampai masuk ke Mekkah," kata Nila. (v/ab)