Pembukaan Pameran Foto Perdamaian di New York, Menlu RI: Perdamaian Harus Kita Bangun, Rawat dan Jaga

By Abdi Satria


nusakini.com-New York-“Perdamaian harus kita bangun, rawat dan jaga," demikian ditegaskan oleh Menlu RI, Retno L. P. Marsudi, pada pembukaan pameran foto bertema “Menabur Benih Perdamaian" (Investing in Peace) yang diselenggarakan dalam rangka Presidensi Indonesia pada Dewan Keamanan PBB, di New York, AS, Senin (6/5).

Pameran foto ini bertujuan untuk menampilkan berbagai upaya nyata Indonesia dalam melakukan kegiatan bina damai di berbagai negara sebagai bagian dari diplomasi Indonesia lima tahun terakhir ini. 

Pada pembukaan pameran foto, Menlu RI menyampaikan bahwa bagi Indonesia, perdamaian bukan hanya ditandai dengan tidak adanya perang, namun juga kondisi dimana demokrasi, HAM dan pembangunan sama-sama ditegakkan. Karenanya, perwujudan perdamaian hanya dapat diraih dengan upaya nyata untuk membangun dan memeliharanya. 

Berdasarkan prinsip ini, diplomasi kemanusiaan dan kerja sama pembangunan yang dijalankan oleh Kementerian Luar Negeri selama ini diarahkan untuk membuahkan hasil nyata, sebagaimana ditunjukkan oleh berbagai foto yang dipamerkan. 

Pameran Foto dalam rangka Presidensi Indonesia pada DK-PBB ini menampilkan dokumentasi atas tiga bentuk kontribusi Indonesia bagi perdamaian dunia, yakni: 1) demokrasi dan bina damai, 2) peranan perempuan sebagai agen perubahan dan perdamaian, serta 3) kerjasama pembangunan. Pameran foto antara lain menunjukkan kontribusi pasukan pemelihara perdamaian perempuan Indonesia, bantuan pelatihan Indonesia bagi negara-negara Pasifik, Afrika dan Palestina, bantuan kemanusiaan Indonesia di Myanmar, dan sebagainya. 

Pameran foto yang terpasang pada dinding South Wall gedung markas besar PBB di New York ini akan berlangsung selama dua pekan, 6-17 Mei 2019. Turut hadir pada resepsi pembukaan pameran foto ini adalah duta besar/wakil tetap negara sahabat negara anggota PBB, antara lain anggota DK-PBB dan ASEAN.(p/ab)