Peluang Kerja Sama Industri Militer Indonesia-Afrika Selatan

By Admin


nusakini.com-Cape Town-“Indonesia perlu menjalin kerja sama yang erat dengan negara sahabat yang memiliki industri pertahanan yang andal," ujar Agus Hermanto, Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan, dalam kunjungan delegasi DPR RI yang dipimpinnya ke pabrik amunisi Rheinmetall Denel Munition (RDM) di Cape Town, Afrika Selatan, pekan lalu.  

Lebih lanjut Agus menyampaikan bahwa diharapkan dengan kerja sama industri militer tersebut, selain adanya aktivitas jual beli perlengkapan dan amunisi militer, diharapkan juga dapat dilakukan alih teknologi yang lebih modern ke industri militer yang ada di Indonesia. 

Dalam pertemuan di pabrik RDM, Delegasi mendapatkan penjelasan dari CEO RDM, Mr. Norbert Schulze terkait kiprah RDM sebagai produsen perlengkapan dan amunisi militer, mengenai kerjasama yang telah dilakukan dengan perusahaan di Indonesia (PT Pindad) dan prospek peningkatan kerjasama ke depannya. Delegasi juga berkesempatan meninjau proses pembuatan amunisi di pabrik tersebut dan menyaksikan demo beberapa produk amunisi yang diproduksi oleh RDM. 

Selain kunjungan ke pabrik amunisi, delegasi juga melakukan kunjungan dan ziarah ke Makam Syekh Yusuf Al Macassary yang letaknya tidak begitu jauh dari pabrik amunisi RDM tersebut. Syekh Yusuf yang diasingkan oleh Belanda pada tahun 1694 dan menyebarkan agama Islam di Afrika Selatan telah diakui sebagai pahlawan nasional kedua negara. 

Delegasi juga melakukan shalat Jumat di Masjid Nurul Latif yang berdekatan lokasinya dengan makam Syekh Yusuf. Selesai shalat Jumat, Imam Adam Philander yang mengakui masih keturunan Indonesia, memimpin jamaah melakukan shalat ghaib untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. 

Kunjungan Muhibah Wakil Ketua DPR pada tanggal 4-6 Oktober 2018 tersebut dimaksudkan untuk mempererat kerja sama yang telah terjalin selama ini antara kedua negara, khususnya dalam bidang industri pertahanan, yang selama ini telah dilaksanakan oleh PT Pindad dan RDM. 

Dalam kesempatan kunjungan muhibah ini, Delegasi juga melakukan pertemuan dengan sejumlah perwakilan WNI yang ada di Cape Town​. (p/ab)