Pelindo III Komitmen Tingkatkan Skill Petugas Operasional

By Admin


nusakini.com - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) telah menempatkan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan suatu aset yang berharga bagi perusahaan. Untuk itu Pelindo III berkomitmen memberikan pendidikan dan pelatihan untuk peningkatan skillkhususnya kepada para petugas operasional, salah satunya dengan memberikan pelatihan khusus kepada para foreman operasi lapangan yang berada di wilayah kerjanya yang berada pada tujuh Provinsi.

Setelah sebelumnya pada bulan September 2016 lalu bertempat di Pelabuhan Tenau Kupang NTT telah diselenggarakan pelatihan berupa peningkatan skill kepada ratusan petugas foreman, kembali terselenggara pada minggu kedua Oktober 2016 bertempat di Pelabuhan Lembar NTB. Puluhan foreman yang berasal dari Pelabuhan Lembar dan Bima NTB, Pelabuhan Benoa dan Celukan Bawang Bali, Pelabuhan Banyuwangi dan Probolinggo turut mengikuti pelatihan tersebut.

“Karena SDM yang berkualitas merupakan kunci penggerak organisasi dalam perusahaan. Dengan adanya SDM yang berkualitas akan mampu menggerakkan perusahaan dengan baik, dengan demikian perusahaan akan mampu berkembang dan melakukan pekerjaannya dengan efektif dan efisien”, ujar Toto Heliyanto Direktur SDM dan Umum Pelindo III disela-sela pelatihan.

Toto menjelaskan bahwa SDM Pelindo III harus memiliki skill, karena untuk bekerja harus terampil, yang pada akhirnya akan memberikan produktifitas yang memadai. Pengetahuan dan keterampilan menyangkut skill SDM khususnya operasional di pelabuhan harus dilakukan agar mampu memberikan pelayanan yang prima kepada para pengguna jasa. “Pelatihan keterampilan berupa peningkatan skill kepada para petugas operasional bisa dipelajari di internal perusahaan, sehingga pelatihan diselenggarakan dengan melibatkan instruktur internal yang telah mendapatkan pendidikan yang memadai dan memiliki berpengalaman dalam operasional”, kata toto.

Kegiatan pelatihan foreman tersebut dilakukan dalam rangka mewujudkan SDM perusahaan yang handal dan mahir dalam menjalankan kegiatan operasional bongkar muat di Pelabuhan. Diharapkan akan mendukung terjadinya percepatan pelaksanaan bongkar muat barang di Pelabuhan dan mendukung program pemerintah dalam rangka mewujudkan efisiensi biaya logistik.

Materi pelatihan yang diberikan meliputi prinsip-prinsip budaya perusahaan, konsep dasar dan budaya keselamatan kerja, operasi dan pengendalian bongkar muat konvensional dan curah, operasi dan pengendalian bongkar muat petikemas, proses bisnis operasional.

Tak hanya diberikan didalam kelas dalam bentuk teori namun materi pelatihan juga diberikan dalam bentuk praktek operasional dilapangan secara langsung dengan didampingi oleh instruktur yang telah memiliki pengalaman pada operasional Pelabuhan.

Program pelatihan dan pengembangan SDM yang diselenggarakan oleh Pelindo III merupakan salah satu upaya menjamin seluruh SDM memiliki kompetensi yang telah dipersyaratkan perusahaan. Program pelatihan dan pengembangan SDM di Pelindo III tak hanya dilakukan saat ini saja, namun telah dilakukan sejak awal bergabung di perusahaan. Hal ini dilakukan agar dapat dipastikan SDM di Pelindo III dapat mengoptimalkan kemampuan dan potensinya serta memberikan nilai tambah seiring dengan pertumbuhan bisnis perusahaan kedepan. (p/mk)