Pelatihan Massal UMKM Go Digital di Yogyakarta

By Admin

Pelatihan Go Digital UMKM di Yogyakarta (Foto: Kominfo) 

nusakini.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Program Satu Juta Nama Domain memfasilitasi usaha kecil menengah dan mikro (UMKM) untuk meningkatkan jangkauan bisnis melalui pemanfaatan teknologi internet. Bisnis online, diakui telah menjadi trend dan memiliki potensi ekonomi besar dari aspek pasar. “Kalau UMKM kita tidak memasuki bisnis online sejak dini, maka dalam jangka waktu dua tahun bisnis UMKM kurang populer. Karena tren ke depan transaksi online akan semakin marak dan produk luar negeri bisa lebih popular. Jika UMKM tidak bersiap dari sekarang untuk Go Digital maka akan tertinggal,” ungkap Direktur e-Business Ditjen Aplikasi Informatika Azhar Hasyim dalam Pelatihan Manajemen Website Program Satu Juta Nama Domain di Hotel Sahid Raya Yogyakarta, Senin (7/11/2016).

Azhar menjelaskan bisnis online merupakan bisnis kepercayaan. Menurutnya, masyarakat bisa menjadi ragu belanja online karena kurang dipercaya. “Dengan memiliki nama domain, maka website tersebut akan meningkatkan kepercayaan bagi pembeli. Oleh karena itu, pemerintah memberikan nama domain Indonesia yaitu .id. Jika ada penipuan pasti akan ditemukan karena alamatnya jelas, sehingga bisa menjadi sarana untuk meningkatkan kepercayaan,” tambah Azhar.

Program Satu Juta Nama Domain ditujukan untuk mendorong UMKM, sekolah, pesantren serta komunitas memanfaatkan domain dan webhosting Indonesia. Program itu memberikan insentif sewa hosting dan domain secara gratis selama 1 tahun. Selain untuk meningkatkan kehadiran UMKM dan komunitas dalam dunia online, program itu juga bertujuan meningkatkan konten positif dan produktif dalam internet dengan menggunakan server dalam negeri.

Wakil Pimpinan BRI Wilayah Yogyakarta, Agung Yugopratmo meyakini Program Satu Juta Nama Domain ini sangat bermanfaat bagi UKM, khususnya yang menjadi nasabah BRI. "Kita harus mengubah paradigma dan mindset bahwa saat ini bisnis tidak hanya offline. Bisnis online adalah bisnis kepercayaan dan bukan hal yang sulit untuk dilakukan," jelasnya.

Diharapkan melalui Pelatihan Manajemen Website Program Satu Juta Nama Domain ini para pemilik UKM yang menjadi nasabah BRI mampu membuat website yang mampu menarik pembeli dan ke depan bisa bersaing dengan negara lain dalam pengembangan e-commerce Indonesia.(p/mk)