Pelatihan Calon Wirausaha Perbenihan Ikan Air Tawar Di Kabupaten Takalar

By Admin


nusakini.com - Takalar - Budidaya Ikan Air Tawar berpotensi dikembangkan di daerah bendungan Bissua, Dusun Salekoa, Desa Towata, Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan.

Sehubungan dengan potensi tersebut maka UPTD Pengembangan Pembinaan Budidaya Air Tawar Lajoa Soppeng melaksanakan Pelatihan Calon Wirausaha Perbenihan Ikan Air Tawar yang digelar Minggu (17/4/2016).

Dari hasil diskusi bersama warga diketahui bahwa hasil budidaya ikan Nila Best di bendungan tersebut didapatkan ukuran ikan 2 - 3 ekor/kg dengan lama pemeliharaan selama 3 bulan. Adapun ukuran benih pada saat tebar adalah 8 - 12 cm dengan sistim budidaya Ikan yang tradisional sebab tanpa pemberian pakan tambahan. 


Saat ini lagi diupayakan bagaimana aliran air pengairan dari bendungan bisa mengairi kolam - kolam yang dibuat kelompok sebagai wadah untuk budidaya ikan karena selama ini pembudidaya ikan di kolam tidak termasuk kategori pengguna air, sehingga tidak menerima aliran air langsung dari bendungan. 


Narasumber pada Pelatihan ini adalah Bapak Ir. Safaruddin Rahman, MM (Kepala UPTD Pemgembangan Pembinaan Budidaya Air Tawar Lajoa Kabupaten Soppeng) dan Ir. Alimuddin Dg Namba (Praktisi Perikanan) serta Ir. Hasby Rasyad sebagai Moderator.(sul)