Pelaku Usaha Respon Positif Tindakan Satgas Pangan kepada PT.Indo Beras Unggul

By Admin

Foto/Ilustrasi  

nusakini.com - Pelaku pasar dan Asosiasi Pedagang Beras Pasar Induk Cipinang DKI mendukung tindakan tegas Satgas Pangan kepada PT. Indo Beras Unggul (PT. IBU), yang melakukan manipulasi kualitas beras dari beras medium menjadi premium.

Menurut pelaku usaha di Pasar Induk beras Cipinang selama ini, dampak perbuatan PT. IBU, sangat mengganggu pasokan gabah untuk penggilingan beras skala kecil dan menengah.

Hal ini dikarenakan PT. IBU memborong gabah lewat tengkulak di lapangan, jadi bukan melalui petani dengan harga Rp. 4900/kg.

“Sedangkan HPP pemerintah Rp. 3700/kg, harga pembelian dari PT. IBU tersebut biasanya tempo pembayaran satu bulan ke petaninya,” ujar Biĺly Haryanto, pelaku usaha beras dan pemilik penggilingan skala kecil di Kabupaten Sragen.

“Kàmi sampaikan terimakasih dan salut untuk Kapolri dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang dengan sangat berani melakukan penggrebekan gudang beras PT. IBU. Ini baru menteri hebat”, ujar Billy lantang.

Dampak dari tindakan Satgas Pangan atas PT IBU tersebut, kemarin harga gabah langsung turun di Kabupaten Sragen Rp. 4350/kg dan di Madiun Rp. 4700/kg.

Sementara itu untuk kèleluasaan pedagang beras premium, Asosiasi Pedagang dan Pelaku Usaha Pasar Induk Cipinang, meminta agar penetapan harga eceran tertinggi ditetapkan pemerintah berdasarkan klasifikasi beras dan kualitasnya, sehingga ada harga untuk beras medium dan premium.

Pasokan Beras Stabil

Hingga saat ini pasokan beras ke Pasar Induk Cipinang masih stabil. Menurut Ketua Asosiasi Pedagang Beras Pasar Induk Cipinang. Nellis Soekedi, kapasitas gudang pasar induk cipinang sampai berita ini diturunkan masih stabil di angka 40.000 ton dan putaran distribusi pasokan beras juga stabil berada di angka 2500 hingga 3000 ton per hari.

Hanya saat ini pasokan beras kualitas premium sangat berkurang disebabkan faktor HET yang belum mencakup beras premium.

Nellis menggambarkan jenis kualitas beras yang setiap hari diperdagangkan di Psr. Induk Cipinang. 1. beras medium, kisaran harga Rp. 8000 /kg hingga Rp. 9000/Kg.Beras premium, kisaran harga Rp. 10.000 /kg hingga Rp. 12.500/Kg dan beras premium khusus, dikisaran harga Rp. 13.000 hingga 15.000/Kg.(p/mr)