Pelajari Sistem e-Government, Kemendikbud Sambangi Dinkominfo

By Admin


nusakini.com-Surabaya-Upaya Pemerintah Kota Surabaya untuk merespon cepat aduan darurat dari masyarakat melalui posko siaga Command Center Surabaya yang ada di lantai II gedung eks Siola, mendapatkan apresiasi positif dari Kementrian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud).  

Bertempat di ruang rapat Dinkominfo,  Kurniawan selaku ketua rombongan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan maksud kedatangannya mengunjungi Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Surabaya adalah untuk mempelajari lebih dalam tentang command center di Surabaya.  

Cahyo Utomo selaku sekertaris Dinas Komunikasi dan Informatika menjelaskan, tentang Command center bahwa sejak diresmikan wali kota pada akhir Juli 2016 lalu. Command Center telah efektif melayani aduan darurat masyarakat melalui nomor pengaduan 112.   

Lebih lanjut Cahyo menjelaskan, nomor tersebut bisa diakses 24 jam dan bebas pulsa. Ketika warga menelepon ke nomor 112 dan menyampaikan laporannya, petugas segera menghubungi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk segera menindaklanjuti laporan itu dengan menerjunkan petugas ke lokasi.  

Cahyo menambahkan bahwa respon time apabila terjadi kejadian darurat harus di bawah 8 menit. Pusat Kendali ini juga bisa memangkas alur birokrasi penanganan bencana. Bila selama ini, dinas yang menangani masalah darurat seperti Dinas Kebakaran atau BPBD Linmas ataupun memiliki posko sendiri-sendiri. Dengan Command Center ini, OPD tersebut akan disinergikan dalam satu ruangan untuk memantau kondisi kota selama 24 jam dan menerima laporan masyarakat. (p/ab)