Pelabuhan New Priok Container Terminal Bakal Diresmikan September 2016 Nanti

By Admin


nusakini.com - Pelabuhan Kalibaru atau New Priok Container Terminal (NPCT) yang berlokasi di Tanjung Priok, Jakarta bakal segera diresmikan. Dapat dimungkinkan, peresmian operasional bakal terealisasi pada September 2016 mendatang.

"Kemungkinan awal bulan september," kata Direktur Utama PT Pelindo II Elvyn G. Masassya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (27/8/2016). 

Peresmian, kata Elvyn akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Maka dari itu, sekarang hanya tinggal menunggu waktu luang dari Presiden Jokowi. 

"Kalau dari kita sudah siap, jadi menunggu jadwalnya pak Presiden," terangnya. 

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan, pelabuhan tersebut akan dilaporkan dalam rapat kabinet terbatas (ratas). Sehingga Presiden Jokowi bisa sekaligus memberikan keputusan. 

"Peresmian bisa kapan saja, akan ditetapkan pas ratas," kata Budi pada kesempatan yang sama. 

Seperti diketahui New Priok Container Terminal (NPCT) telah melaksanakan uji coba operasi pelayaran internasional, di Pelabuhan Kalibaru atau New Priok untuk New Priok Container Terminal (NPCT) 1. 

Uji coba dilakukan, dengan mendatangkan Kapal Sinar Sumba Voy 400 dengan GRT 18 ribu ton. Sedangkan untuk uji coba pelayaran domestik telah dilaksanakan 27 Januari 2016 lalu.(p/mk)