Pekan Olahraga Pelajar Daerah Se Selawesi Selatan

By Admin


nusakini.com - Makassar - Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Selatan menyelenggarakan Pekan Olahraga Pelajar yang diikuti sebanyak 870 orang dari 24 kab/kota se Sulawesi Selatan untuk bertanding pada 6 cabang olahraga yaitu Pencak Silat, Tinju, Sepak Takraw, Tenis Meja, Voli Indoor dan Basket. Peserta terbanyak dari Kabupaten Gowa 83 orang selanjutnya Kabupaten Maros dan Kota Makassar jumlah yang sama 67 orang dan Kabupaten Pangkep 61 orang.

POPDA XIV dibuka pada hari Senin 28 Maret 2016 di Gelanggang Olah Raga (GOR) Sudiang Makassar oleh Gubernur diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Ir. Sulkaf S. Latief, MM dalam sambutannya penyelenggaraan POPDA diatur dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 17 Tahun 2007 yang dilaksanakan secara periodik setiap tahun genap dan berjenjang mulai pada sekolah atau klub olahraga pelajar di Kab/Kota yang merupakan salah satu program pembinaan olahraga pelajar yang pada akhirnya dapat dilihat pengembangannnya di POPDA Tingkat Provinsi.

Pelajar Sulsel merupakan gudang atlet yang banyak memberi kontribusi ke Tingkat Nasional sehingga POPDA merupakan ajang evaluasi pembinaan atlet pelajar daerah yang dilandasi semangat juang pantang menyerah dan sifat kejujuran dalam mencapai prestasi tertinggi.

Penyelenggaraan POPDA kali ini disamping sebagai pencarian bakat atau talent scouting atlet terbaik untuk 6 cabang olahraga dalam menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL) IV di Provinsi Jawa Timur Kota Surabaya Tahun 2016 dengan target SulSel masuk Rangking 3 dan juga persiapan Pekan Olahraga Pelajar Nasional  (POPNAS) tahun 2017 dengan target masuk rangking 7.

Pada pembukaan turut dihadiri oleh Ketua Umum KONI yang diwakili oleh ibu DR. Apiaty Amin Syam dan Plt. Kepala Dispora DR. Muchlis serta Manajer, Pelatih, Wasit dan Panitia. (sul)