nusakini.com-Manila-Prihatin dengan kondisi laut yang tercemar sampah, Indonesia Diaspora Chapter Manila bekerja sama dengan MMDA (Metro Manila Development Authority) mengajak masyarakat khususnya warga Negara Indonesia yang berdomisili di Manila untuk melakukan aksi membersihkan Manila Bay, akhir pekan lalu.

“Manila Bay Clean Up ini adalah sebagai bentuk kepedulian masyarakat Indonesia terhadap suistanable environment di mana kami tinggal. Kegiatan rehabilitasi garis pantai yang penuh dengan polusi sampah plastik ini juga diharapkan dapat membantu menyadarkan komunitas lokal akan dampak dari littering dan plastic waste," ujar ketua Indonesia Diaspora Chapter Manila. IDN Manila berbangga hati terlibat aktif dalam upaya rehabilitasi ini mewakili Indonesia demi dunia yang lebih baik. 

Ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Indonesia Diaspora Chapter Manila. Tahun sebelumnya IDN Manila menyelenggarakan medical mission, pasar murah juga medical check up gratis bagi masyarakat kurang mampu di Manila. Kegiatan bertajuk “Manila Bay Clean Up" ini bukan hanya bertujuan membersihkan sampah di Manila Bay dalam satu hari, tujuan jangka panjang kegiatan ini membangun awareness agar masyarakat bisa mengurangi sampah dalam kesehariannya.  

Sedikitnya 2,2 ton sampah plastik dihasilkan Filipina setiap tahunnya, 83% nya dibuang langsung tanpa melalui pengolahan. Berdasarkan data World Economic Forum, sekitar 700 species burung, ikan dan mamalia laut lainnya telah terpapar oleh sampah plastik. Ekosistem laut benar-benar terancam dengan kehadiran sampah plastik yang kita buang sepanjang waktu. Sayangnya tidak sedikit kawasan pantai dan laut Filipina yang tercemar oleh sampah-sampah yang dihasilkan oleh manusia, baik yang disengaja maupun tidak disengaja, Manila Bay adalah salah satunya. ​(p/ab)