PD PAL Jaya Bakal Revitalisasi Sejumlah Tangki Septik

By Al


nusakini.com - Jakarta - PD Perusahaan Air Limbah (PAL) Jaya bekerjasama dengan Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, pada tahun depan akan merevitalisasi sejumlah tangki septik di Ibukota.

Direktur Utama PD PAL Jaya Subekti mengatakan, tahun ini pihaknya tengah melakukan survei untuk melihat lokasi tangki septik yang lebih diprioritaskan.

"Revitalisasi dimulai tahun depan sebanyak 1000 lokasi, lalu di 2021 sebanyak 15.000 dan tahun 2022 sebanyak 20.000 lokasi." katanya

Manager Pengembangan Bisnis PD PAL Jaya, Aris Supriyanto menjelaskan, untuk satu lokasi pembangunan membutuhkan biaya Rp 10.500.000, namun biaya tersebut akan disubsidi oleh pemprov melalui Dinas SDA sebesar Rp 10 juta.

"Polanya PD PAL akan bangun terlebih dahulu tangki septik, lalu nanti sistemnya reimburse ke Dinas SDA. Satu tangki memiliki kapasitas satu kubik," tuturnya.

Ia menambahkan, bahan tangki septik bakal dibuat dari fiber yang kedap air, sehingga black water dan grey water dapat masuk ke tangki tersebut.(pr/kj/al)