PBSI Sulsel Siap Jadi Penyelenggara Djarum Sirnas 2018

By Admin

nusakini.com--Pengurus Provinsi Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (Pengprov PBSI) Sulawesi Selatan siap jadi penyelenggara Djarum Sirnas 2018 di GOR Sudiang Makassar, 6-11 Agustus mendatang.  

Menurut  Devo Khaddafi, Ketua Pengprov PBSI Sulsel,  sejumlah klub terbaik di Indonesia seperti Djarum Kudus, Suryanaga Surabaya dan Mutiara Cardinal Bandung dan Exist Jakarta sudah menyatakan kesiapan mengirim atletnya. "Kami menargetkan jumlah peserta mencapai 750 atlet," ujar Devo.

Devo optimitis target peserta itu bisa tercapai. Termasuk peserta dari Sulsel yang diprediksi mencapai minimal 200 atlet. "Saat ini ada 300 pebulutangkis yang sudah masuk dalam sistem informasi PBSI Sulsel," kata Devo.

Apalagi pada penyelenggaraan Sirnas kali ini berstatus terbuka. Berbeda pada ajang yang sama pada 2016 yang hanya diikuti oleh pebulutangkis asal Sulawesi dan Kalimantan. "Kali ini statusnya terbuka. Bisa diikuti oleh klub baik dalam maupun luar negeri," ungkap Devo.

Ketua panpel, Atmam Amir menambahkan, Sirnas di Makassar terbagi tiga kategori yakni Remaja, Taruna dan Dewasa dengan total hadiah uang Rp.280 juta. "Peserta yang lolos minimal delapan besar sudah mendapatkan hadiah uang," kata Atmam.

Devo dan Atmam pun berharap pebulutangkis Sulsel memanfaatkan ajang ini untuk menambah jam terbang plus poin untuk mendongkrak peringkat mereka di sistem informasi PBSI. Pada penyelenggaran dua tahun lalu, pebulutangkis putri Sulsel, Liska Ayu Ningsi berhasil menembus delapan besar. "Kami berharap tahun ini ada atlet kami yang lolos minimal semifinal," tutur Devo.

Dilain pihak, PBSI Sulsel juga menjadikan ajang ini untuk memantau pemain yang akan masuk tim Pra PON Sulsel. "Termasuk pemain asal Sulsel yang membela klub Jawa. Berdasarkan aturan, mereka bisa memperkuat tim daerah asalnya pada Pra PON 2020," terang Devo. (ab)