Paviliun Indonesia Meriahkan Pameran Dagang Terbesar Afrika

By Admin


nusakini.com-Cairo-KBRI Cairo kian gencar mempromosikan komoditas dan produk nusantara di Mesir dan Afrika. Setelah beberapa kali menggelar rangkaian misi bisnis, kali ini KBRI Cairo berpartisipasi dalam pameran dagang intra afrika (Intra Africa Trade Fair/IATF) 2018. Tidak tanggung-tanggung, kehadiran Indonesia ditandai dengan keberadaan ruang pameran yang dinamakan 'Paviliun Indonesia' 

Peresmian Paviliun Indonesia dalam gelaran IATF dilakukan Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Helmy Fauzi di Hall 4, Egypt International Exhibitions Center, Kairo, Selasa (11/12) lalu. Kegiatan pameran akan berlangsung pada 11-17 Desember ini. Pameran dagang terbesar di Afrika ini dibuka secara resmi Perdana Menteri Mesir, Mustofa Madbouly. 

Setidaknya tercatat 3 BUMN dan 13 perusahaan swasta asal nusantara meramaikan Paviliun Indonesia. Para perusahaan ini merupakan penghasil ataupun eksportir sejumlah produk dan komoditas utama seperti kopi, kelapa sawit, rempah, ban kendaraan, mie instan hingga kapal karet berteknologi tinggi. Mereka antara lain PTPN III Persero, Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), PT Pertamina Lubricants, PT Kapal Api Global, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dan ​​​​​​PT Mayora Indah Tbk.  

Dubes Helmy mengatakan keberadaan Paviliun Indonesia tidak lepas dari implementasi arahan Presiden Joko Widodo untuk merambah pasar Afrika. Menurutnya, Afrika merupakan pasar potensial bagi produk dan komoditas Indonesia.  

“Potensi pasar Afrika saat ini mencapai USD 550 miliar, sementara nilai ekspor kita ke sini baru mencapai USD 4,2 miliar," kata Dubes Helmy usai peresmian Paviliun Indonesia. 

Dirinya meyakini Mesir dapat menjadi simpul pemasaran produk Indonesia di Afrika. Terlebih, dengan posisi strategis seperti Kanal Suez, Mesir telah menjadi salah satu aktor utama di kawasan Afrika. “Yang harus kita lakukan hanyalah meningkatkan intensitas promosi dan upaya penetrasi ke Pasar Afrika," jelas Dubes Helmy. 

Selain menyiapkan Paviliun Indonesia, KBRI Cairo juga menggelar dua pertemuan bisnis di Kairo dan Kota Alexandria. Kegiatan ini ditujukan untuk mempertemukan pebisnis Indonesia dan Mesir. Turut hadir dalam forum bisnis ini yaitu Deputi IV KSP bidang Komunikasi Politik, Eko Sulistyo. “Harapannya agar pameran dagang ini dapat berujung pada sejumlah transaksi dagang yang konkrit," ujar Dubes Helmy.​ (p/ab)