Para Pejabat Tinggi IORA Telah Siapkan Hasil-hasil Akhir Leader’s Summit

By Admin

nusakini.com--Pertemuan para Pejabat Tinggi negara-negara IORA, sebagai rangkaian pertama IORA Leader's Summit, telah berhasil mempersiapkan dokumen-dokumen akhir. Senin (6/3), hasil-hasil pembahasannya akan disampaikan pada saat Pertemuan Tingkat Menteri. Kemudian, para Menteri akan melaporkan kepada para pemimpin di Leader's Summit Selasa, (7/3). 

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Asia, Pasifik dan Afrika Kemlu, Duta Besar Desra Percaya dalam press briefing bersama dengan Sekjen IORA K.V. Bhagirath, usai pertemuan para Pejabat Tinggi (SOM) IORA yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Minggu (5/3). 

"Agenda utama pertemuan hari ini adalah mempersiapkan outcome documents, meliputi IORA Concord, IORA Plan of Action yang berisi beberapa rencana kegiatan selama 4 tahun ke depan dan deklarasi mengenai pencegahan dan perang terhadap terorisme dan ekstrimisme kekerasan," jelas Duta Besar Desra. 

IORA Concord, lanjutnya, yang merupakan inisiatif kepemimpinan Indonesia, telah mendapatkan dukungan dari seluruh negara IORA. 

Pertemuan para Pejabat Tinggi juga membahas aspek teknis untuk pertemuan di tingkat Menteri dan tingkat Puncak, seperti persiapan penandatangan dokumen. 

Sekjen IORA K.V. Bhagirath menyampaikan apresiasi atas suksesnya kepemimpinan Indonesia periode 2015-2017. "Inisiatif Indonesia telah berhasil mengumpulkan 21 negara anggota dalam pertemuan tingkat puncak. Leader's Summit merupakan pertama kali dalam sejarah 20 tahun IORA dan akan jadi game changer". 

Ia berkeyakinan, IORA Leader's Summit akan membawa kerja sama selangkah lebih maju. Tugas dari Sekretariat IORA nantinya adalah melaksanakan kesepakatan-kesepakatan yang dihasilkan. 

Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi akan membuka dan memimpin pertemuan Tingkat Menteri  hari ini.

Agenda lain rangkaian hari kedua Leader's Summit adalah Business Summit bertema "IORA: Building Partnership for Sustainable and Equitable Economic Growth". Presiden Joko Widodo akan menyampaikan sambutan bertema kerjasama IORA menuju masa depan yang makmur dan berkelanjutan. Menteri Perdagangan Enggiartiasto Lukita akan membuka Business Summit ini.(p/ab)