Paparan Diplomasi Ekonomi Dubes RI Disambut Hangat di Mwanza

By Admin

nusakini.com--Hubungan Indonesia dengan Tanzania yang telah terjalin dengan erat selama 53 tahun akan terjalin semakin kuat seiring dengan jelasnya potensi kerja sama di bidang ekonomi dari kedua negara.

Optimisme tersebut tercermin saat kunjungan Prof. Ratlan Pardede, Dubes RI di Tanzania ke Provinsi Mwanza. belum lama ini.

Pada kunjungan ke Provinsi Mwanza, Dubes Pardede diterima oleh John Mongella, Gubernur Mwanza beserta jajaran pejabat Pemrov. 

"Kunjungan ini bertujuan untuk memetakan potensi kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan antara Indonesia dan Tanzania khususnya dengan Mwanza," ujar Dubes Pardede. 

Gubernur Mongella menyampaikan apresiasi atas tujuan kedatangan Dubes Pardede ke Provinsi Mwanza. Ia juga berharap Indonesia dapat mendorong industrialisasi yang sedang digiatkan oleh Pemerintah Tanzania. 

"Kunjungan Dubes Pardede ke Provinsi Mwanza membuktikan keinginan kuat dan tulus Indonesia untuk meningkatkan hubungan ekonomi dengan Tanzania," ucap Gubernur Mongella. 

Pada kunjungan tersebut, Dubes Pardede juga memberikan paparan terkait perkembangan ekonomi Indonesia, hubungan dagang Indonesia dan Tanzania serta potensi kerja sama ekonomi Indonesia dengan Mwanza di hadapan pejabat Pemprov, perwakilan Kadin Mwanza dan jurnalis 

Paparan dari Dubes Pardede telah mendorong minat pebisnis Mwanza untuk membawa barang-barang dari Indonesia ke Tanzania. 

"Mohon kiranya nanti kami dapat diberikan daftar produk-produk Indonesia sebagai referensi untuk melakukan pembelian bagi pebisnis dari Mwanza," kata Elibariki Mmari, Ketua Kadin Mwanza. 

Dari diskusi dengan Gubernur Mongella, jajaran pejabat Pemprov, kalangan bisnis dan media berhasil diidentifikasi tiga sektor kerja sama di bidang pengolahan dan pengembangan kapas, transportasi air, dan pendirian pabrik tekstil dan pendirian pabrik farmasi. 

Provinsi Mwanza yang berbatasan langsung dengan Kenya, Uganda, Rwanda dan Burundi merupakan daerah potensial bagi distribusi produk-produk Indonesia seperti minyak goreng yang sangat dicari di kawasan ini.  

Selain itu, pihak Pemprov Mwanza juga mengundang perusahaan Indonesia untuk berpartisipasi dalam pengadaan kapal kargo tahun ini. 

Selama tiga hari Dubes Pardede melalukan kunjungan ke Provinsi Mwanza untuk memetakan potensi kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Tanzania khususnya dengan Provinsi Mwanza.​(p/ab)