Panas Menyengat, Jemaah Haji Indonesia Diimbau Pakai APD

By Admin

Foto/Ilustrasi  

nusakini.com - Cuaca panas yang kurang bersahabat di Madinah ini, sangat mempengaruhi kesehatan jemaah haji, dengan adanya punyuluhan dari tim promotif dan preventif ini, betul-bentul sangat bermanfaat bagi jemaah haji. Mudah-mudahan jemaah haji kloter, SOC 12, sehat dan dapat melaksanakan ibadah haji secara lengkap. Memperoleh haji yang mabrur dan sehat kembali ke tanah air.

Demikian komentar Ketua Kloter, SOC 12, ustd. Misbahul Munir, usai pelaksanaan penyuluhan, 07 Agustus 2017, di Hotel Dar Al Rahma, Madinah.

Tim Promotif dan Preventif (TPP) Ahmad Mohune, memberi materi penyuluhan pentingnya alat pelindung diri (APD) bagi kesehatan jemaah haji. APD yang harus digunakan jemaah haji saat keluar pondokan, ziaraoh atau ke Nabawi harus menggunakan alas kaki, masker, payung, spray, pakaian yang menyerap keringat dan botol minum yang berisi air putih, setiap saat diminum.

“Jemaah harus sesering mungkin minum air putih, jangan baru minum setelah merasa haus. Tapi tetap minum, sekalipun tidak merasa haus. Hal ini dilakukan agar bapak-ibu haji tidak kekurangan cairan atau dehidrasi”, jelas Ahmad.

Selain memberi penyuluhan kepada jemaah, TPP juga memasang poster pesan kesehatan di dinding hotel yang mudah terlihat oleh jemaah, seperti dinding yang berdekatan dengan pintu lift, setelah mohon izin kepada managemen hotel.

“Semoga, jemaah yang belum paham betul tentang penggunaan APD, dapat melihat kembali pesan kesehatanya pada poster yang sudah terpasang. Apalagi, antrian lift yang cukup memakan waktu, sehinga bisa menyempatkan melihat dan membaca poster”, harap Ahmad. (p/ma)