Pabrik PT Honda Prospect Motor Indonesia Capai Angka Produksi ke-Satu Juta

By Admin

Foto: Dokumentasi Honda  

nusakini.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) mengadakan seremonial dalam rangka pencapaian 1 Juta unit produksi di Pabrik Karawang, Jawa Barat, Senin, (27/2/2017) lalu. Acara seremonial tersebut dihadiri oleh:

- Seiji Kuraishi selaku Executive Vice President, Executive Officer and Representative Director; Risk Management Officer; Corporate Brand Officer Honda Motor Co., Ltd.

- Noriaki Abe selaku Chief Operating Officer, Regional Operations (Asia & Oceania), President and Director Asian Honda Motor Co., Ltd.

- Hideaki Yamanaka selaku Director Asian Honda Motor Co., Ltd.

- I Gusti Putu Suryawirawan selaku Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Republik Indonesia

- Yan Sibarang Tandiele selaku Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Republik Indonesia.

- Kozo Honsei selaku Deputy Chief of Mission, Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia.

- Hendry Agus selaku Komisaris PT Honda Prospect Motor.

- Tomoki Uchida selaku President Director PT Honda Prospect Motor.

- Dewan Direksi PT Honda Prospect Motor.

Dilansir dari situs honda-indonesia.com, PT Honda Prospect Motor memulai produksi pertama di pabrik Karawang pada bulan Februari 2003. Fasilitas pabrik tersebut dibangun di atas lahan seluas 512.500 m2 dan luas bangunan sebesar 80.324 m2. Pabrik pertama PT HPM memiliki kapasitas produksi 50.000 unit per tahun dengan nilai investasi saat itu senilai 700 Miliar Rupiah. Di tahun-tahun berikutnya, PT HPM melakukan lebih banyak lagi investasi melalui penambahan fasilitas-fasilitas untuk meningkatkan kapasitas serta penambahan model yang diproduksi di pabrik ini.

Pada 2012, PT HPM memulai pendirian pabrik kedua dengan total luas bangunan sebesar 145.760 m2. Penambahan area pabrik ini didukung nilai investasi sebesar 3,1 Triliun Rupiah. Pabrik kedua PT HPM diresmikan pada bulan Januari 2014 dan meningkatkan kapasitas produksi PT HPM hingga maksimal 200.000 unit per tahun.

Perluasan dan pengembangan area pabrik terus dilakukan dalam rangka memenuhi permintaan akan produk Honda di Indonesia yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Saat pabrik PT HPM mulai beroperasi di tahun 2003, penjualan Honda di Indonesia saat itu tercatat sebanyak 21.650 unit. Pada akhir tahun 2016 lalu, penjualan Honda di Indonesia telah meningkat jauh hingga mencapai 199.364 unit dengan pangsa pasar 19%. Saat ini, pabrik PT HPM memproduksi model-model favorit yaitu Honda Mobilio, Honda BR-V, Honda HR-V, Honda Jazz, Honda Brio Satya, Honda Brio RS dan Honda CR-V.

Investasi Honda dalam penambahan fasilitas produksi di pabrik PT HPM terus berlanjut dengan dibukanya Pabrik Stamping yang mulai beroperasi pada Mei 2016. Dengan total investasi sebesar 194 Miliar Rupiah, pabrik yang memproduksi panel samping, atap, lantai dan sebagainya, didukung sistem canggih seperti automatic continuous process dan sistem robotik. Fasilitas ini mempunyai kapasitas produksi hingga 2 juta lembar per tahun untuk memenuhi kebutuhan domestik dan ekspor.

Selain pabrik Stamping, PT HPM juga telah memulai operasi pabrik Crank Shaft yang baru pada September 2016 lalu. Dengan total investasi mencapai 228 Miliar Rupiah, fasilitas ini menerapkan teknologi canggih dan mesin presisi tinggi yang ramah lingkungan dan memiliki kapasitas produksi hingga 240.000 unit per tahun.

Pabrik Crank Shaft PT HPM sekaligus memenuhi peraturan pemerintah untuk produsen mobil LCGC dan komitmen Honda untuk memproduksi lebih banyak komponen lokal dan mengoptimalkan sumber daya lokal. Saat ini, produk-produk Honda yang diproduksi di pabrik PT HPM telah memiliki kandungan lokal hingga maksimal 87%.

Kegiatan produksi yang dioperasikan di pabrik Honda di Karawang ini, tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan pasar domestik saja, tetapi juga telah meningkatkan aktivitas ekspor komponen ke berbagai negara. Sepanjang tahun 2016, jumlah ekspor PT HPM meningkat secara signikan, mencapai lebih dari 7.700 kontainer dibanding dengan tahun sebelumnya yang tecatat sekitar 5.600 kontainer.

Tak hanya dari kuantitas, Honda juga meningkatkan nilai ekspor menjadi lebih dari 2,2 Triliun Rupiah pada tahun 2016 dari tahun sebelumnya sebesar 1,8 Triliun Rupiah. Di tahun 2017 ini, Honda kembali meningkatkan kuantitas ekspor menjadi hampir 10.000 kontainer dengan nilai lebih dari 2,5 Triliun Rupiah.

Jumlah negara tujuan ekspor PT HPM juga meningkat dari tahun ke tahun. Saat ini, PT HPM melakukan eksport komponen hingga ke 12 negara, yaitu Thailand, Malaysia, Pakistan, Turki, Filipina, Vietnam, Taiwan, Jepang, Meksiko, Brazil, India serta Argentina.

Dengan peningkatan volume produksi pada pabrik Honda, tentunya menciptakan lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat di Indonesia. Saat ini Honda memiliki sekitar 7.900 karyawan yang aktif bekerja di pabrik Honda.

Dalam pidato sambutannya, Seiji Kuraishi, Executive Vice President, Executive Officer and Representative Director; Risk Management Officer; Corporate Brand Officer Honda Motor Co., Ltd. mengatakan bahwa, “Sebagai negara dengan pangsa pasar tertinggi dan penjualan tertinggi ke-4 untuk Honda di seluruh dunia, Indonesia merupakan salah satu pasar terpenting yang mempunyai potensi besar saat ini. Perluasan bisnis Honda di Indonesia merupakan perwujudan komitmen Honda untuk memenuhi permintaan konsumen di Indonesia, sekaligus memaksimalkan potensi sumber daya lokal. Hal ini sesuai dengan arahan Honda untuk menjadi perusahaan yang keberadaanya selalu diinginkan oleh masyarakat lokal.”

Sementara itu, Tomoki Uchida, President Director PT HPM, menjelaskan, “Pencapaian produksi yang ke-1 juta unit menunjukkan tingginya penerimaan konsumen terhadap mobil Honda, sekaligus komitmen dari Honda Motor untuk pengembangan bisnis Honda di Indonesia. Ke depannya, kami akan terus menambah investasi di pabrik ini untuk meningkatkan fasilitas dan sumber daya manusia, sehingga kami dapat mencapai kepuasan yang lebih tinggi bagi konsumen serta terus memberikan kontribusi positif bagi industri otomotif dan masyarakat Indonesia secara umum.”

Pabrik PT HPM terletak di Kawasan Industri Mitrakarawang (KIM), Desa Parungmulya, Karawang, Jawa Barat. Pabrik ini juga mempunyai berbagai fasilitas pendukung seperti Road Test Facility, Engine Plant, Car Pool serta Engine Bench Test Facility. Selain memproduksi mobil, pabrik PT HPM juga telah mengekspor berbagai komponen mobil seperti Engine parts : Cylinder Head, Cylinder Block dan Body Parts : Hood Comp, Panel RR Inside, R/L Inside, Skin Hood, Frame Hood.(p/mk)