P3E SUMA Menghadiri Sosialisasi Daya Dukung dan Tampung Lingkungan Hidup Di Buton Selatan

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Batauga--Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buton Selatan menyelenggarakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penyusunan Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup (D3TLH) di Hotel Alsafitri Batauga. Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 (dua) hari mulai tanggal 14 s.d. 15 Agustus 2019 yang menghadirkan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku sebagai Narasumber. Kegiatan tersebut diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah diantaranya Bappeda, Dinas Pertanian, Dinas Catatan Sipil, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas PUPR, Kantor Pertanahan dan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Lakompa.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Buton Selatan Ir. La Ode Mpute menyatakan bahwa faktor awal yang memengaruhi dan mendasari permintaan data dan informasi D3TLH adalah digaungkannya agenda penyusunan Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH) dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). RPPLH memiliki kedudukan sebagai haluan dasar dari kebutuhan akan informasi D3TLH memiliki 4 (empat) muatan utama, penilaian pemanfaatan dan/atau pencadangan sumberdaya alam, pemeliharaan dan perlindungan kualitas dan/atau fungsi lingkungan hidup, pengendalian, serta pendayagunaan dan pelestarian sumberdaya alam dan adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim.

Secara teoritis daya dukung daya tampung lingkungan hidup adalah kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung perikehidupan manusia, makhluk hidup lain dan keseimbangan antar keduanya. Maknanya adalah adanya supplay (ketersediaan) dari alam dan lingkungan serta adanya demand (kebutuhan) dari manusia dan makhluk lain. Sedangkan tujuan interaksinya adalah tercapainya keseimbangan antara ketersediaan dan kebutuhan.  

“Kita sadari bahwa keberhasilan pembangunan Kabupaten Buton Selatan merupakan keberhasilan kolektif dari peran Pemrintah Kabupaten bersama-sama Pemerintah Pusat dan Provinsi serta masyarakat. Penyusunan dokumen D3TLH ini harus kita dukung bersama-sama.” Demikian sambutan Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Selatan yang diwakili oleh Asisten II Bidang Perkenomian dan Pembangunan Drs. Maharuddin. 

Sementara itu Kepala Bidang Inventarisasi Daya Dukung dan Daya Tampung Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup P3E Suma Mini Farida, S.T., M.Si menyatakan bahwa tujuan penyusunan dokumen D3TLH ini adalah demi terwujudnya pembangunan berwawasan lingkungan dan berkelanjutan di Kabupaten Buton Selatan.

Di tempat yang sama Kepala Sub Bidang Hutan dan Hasil Hutan P3E Suma Ir. Mustari Tepu, S.Hut., M.Sc., IPM menyatakan bahwa D3TLH adalah salah satu hal penting untuk menyelamatkan umat manusia dan makhluk hidup lainnya. Kajian D3TLH diharapkan mampu menjadi instrument yang memiliki fungsi optimal dalam konteks pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya alam dan lingkungan hidup”.(R/Rajendra)