Optimalkan Pelayanan, Pemprov Bengkulu Dipuji Kemen PAN-RB

By Admin


nusakini.com - Bengkulu - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Bengkulu yang berjanji menyusun Standar Pelayanan (SP) dan Maklumat Pelayanan (MP) paling lambat akhir April 2016 ini.

Hal itu dikatakan Deputi Pelayanan Publik Diah Natalisa dalam acara Forum Koordinasi PAN-RB di Bengkulu, Kamis (21/04/2016), menanggapi perintah Wagub Bengkulu kepada seluruh unit pelayanan publik di Provinsi Bengkulu.

"Informasi yang saya terima, Pak Wagub telah memerintahkan kepada selurug unit pelayanan publik di Provinsi Bengkulu untuk menyusun SP dan MP selambat-lambatnya akhir April ini, dan apabila sampai waktu tersebut, ada unit pelayanan yang belum menyelesaikan SP dan MP, maka pejabat yang bertanggungjawab akan dinon-aktifkan. "ujar  Diah. 

Perintah itu dinilai tepat, mengingat seluruh unit pelayanan publik belum memiliki SP dan MP. Baru beberapa yang sudah melakukan survei kepuasan masyarakat (SKM). Dengan dimilikinya standar pelayanan dan maklumat pelayanan, maka diharapkan kualitas pelayanan publik di Bengkulu semakin meningkat.

Sebelumnya terungkap bahwa RSUD M.Yusuf yang belum memiliki SP dan MP, tetapi memiliki inovasi perawatan jantung yang dibimbing oleh RS Harapan Kita Jakarta. Proses pemantauan pasien yang terindikasi mendapat serangan jantung, dalam waktu kurang dari satu jam harus sudah ditangani tanpa harus mempermasalahkan data pasien dan administrasi keuangan. (if/mk)