Optimalkan Pelatihan Kerja, BLK Lombok Timur Gelar Piket Malam

By Admin

nusakini.com--Dalam rangka menyambut dan memaksimalkan peningkatan kompetensi peserta pelatihan kerja Balai Latihan Kerja (BLK) Lombok Timur, Kepala BLK Lombok Timur H. Sirman terus memaksimalkan kinerja jajarannya. 

Hal ini bertujuan untuk menjawab tantangan ketenagakerjaan yang ada terutama kesesuaian antara pelatihan kerja di BLK dengan kebutuhan tenaga kerja di daerah Lombok Timur. 

"Untuk mengoptimalkan pelayanan kepada siswa yang sudah memasuki masa orientasi pelatihan, saya melibatkan jajaran PNS Lombok Timur untuk melakukan piket malam demi memaksimalkan pelayanan terhadap kebutuhan peserta," ujar Sirman pada apel pagi di BLK Lombok Timur, Senin (25/9). 

Sirman menambahkan, sampai saat ini BLK Lombok Timur mulai memasuki masa pelatihan dengan jumlah peserta pelatihan sebanyak 363 orang. Jumlah tersebut terdiri dari total siswa pelatihan jurusan perhotelan pertama dan kedua mencapai 312 orang dan kejuruan kapal pesiar sebanyak 51 orang. "Target Desember mendatang mencapai 629 peserta," katanya. 

Sirman mengungkapkan, hingga saat ini masih ada 300 peserta yang menunggu panggilan pelatihan. Untuk kuota pelatihan BLK Lombok Timur pada Desember dengan 629 peserta, pihaknya telah menyiapkan tiga gedung asrama, terdiri dari dua gedung asrama laki-laki dan satu gedung asrama untuk peserta perempuan.  

“Masing-masing asrama tersebut memiliki 62 kamar dan secara keseluruhan bisa menampung 456 orang peserta pelatihan, “ kata Sirman.  

Selain itu Sirman mengatakan BLK Lombok Timur juga menyiapkan fasilitas kesehatan bagi peserta pelatihan. "Klinik disiapkan lengkap dengan fasilitasnya seperti ruang perawatan, tenaga medis dan obat-obatan," ujarnya.

Kepada peserta pelatihan, Sirman menekankan pentingnya kedisiplinan dan tanggung jawab selama menjalani pelatihan di BLK agar dapat menyerap materi pelatihan dengan baik.  

"Diharapkan apa yang diarahkan oleh instruktur dapat terserap dengan baik dan maksimal oleh peserta. Dan BLK Lombok Timur mampu menghasilkan alumni yang kompeten, profesional, memiliki daya saing hingga bisa cepat terserap pasar kerja," pungkasnya.(p/ab)