Optimalkan Efisiensi dan Efektivitas Kinerja, KKP Gelar Retreat

By Admin


nusakini.comJakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) merupakan salah satu kementerian yang secara rutin mengagendakan kegiatan retreat dilingkungan internal kementerian.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk lebih mengoptimalkan sinergi antara berbagai unit kerja dilingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), rencana efisiensi APBN 2016, usulan kenaikan tunjangan kinerja pegawai, kontrak kinerja antar unit dan penyederhanaan nomenklatur unit kerja. Salah satunya adalah kegiatan retreat pada 22-26 Februari 2016 lalu yang mengusung tema “Evaluasi dan Revaluasi”.

Dengan retreat ini, KKP menyadari betapa pentingnya menyamakan irama kinerja dan menyelaraskan seluruh potensi sumberdaya dalan satu ‘passion’ yang berkelanjutan.

Setidaknya ada beberapa hal yang ingin dicapai dalam  gelar rutin retreat KKP ini. Pertama upaya menjadikan seluruh program kerja kementerian efektif dan efisien. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan 3K yakni Komunikasi, koordinasi dan Kerjasama.

“Tanpa komunikasi tidak ada koordinasi dan tanpa koordinasi mustahil ada kerja sama. Mulailah komunikasi dengan baik maka program akan lebih baik jalannya”.

Rencananya kegiatan retreat ini dilakukan pada Januari, Juni dan Desember dan diikuti sekitar 1500 orang dari lima direktorat dan tiga badan, Seretariat Jenderal  serta Inspektorat Jenderal. (mk)