Nurdin Abdullah Dampingi Presiden Jokowi di KTT ASEAN Thailand

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. HM. Nurdin Abdullah mendampingi langsung Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo pada kesempatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Bangkok, Thailand. 

Pada pertemuan puncak antara pemimpin-pemimpin negara anggota ASEAN dalam hubungannya terhadap pengembangan ekonomi dan budaya antar negara-negara Asia Tenggara ini, Gubernur Sulsel mendapatkan kesempatan mendampingi langsung orang nomor satu di Indonesia itu.

KTT ke-34 ASEAN di Bangkok, Thailand ini menjadi momentum Jokowi untuk menyampaikan apresiasi terhadap semua negara ASEAN yang telah memberikan kontribusi besar dalam pengembangan Outlook.

"Outlook ini mencerminkan sentralitas dan kekuatan ASEAN dalam menghormati prinsip-prinsip menjaga perdamaian, memperkuat budaya dialog, serta memperkokoh kerjasama," kata Jokowi mantan Gubernur DKI Jakarta itu belum lama ini.

Jokowi mengatakan, Outlook ASEAN mengenai Indo-Pasifik menjadi lebih penting di tengah tengah perkembangan dunia saat ini, di mana perang dagang AS-China tengah berlangsung. Perang dagang tersebut pun dikhawatirkan akan melibatkan banyak negara. "Perang dagang antara Amerika Serikat dan China belum membaik," ujar dia.

Terpisah, Gubernur Sulsel, Prof. HM. Nurdin Abdullah mengaku, kegiatan ini merupakan salah satu momen untuk mengapresiasi perkembangan ekonomi di negara bagian ASEAN.

Menurut, Nurdin Abdullah Indonesia memberikan kontribusi banyak terhadap peningkatan ekonomi ASEAN.

"Alhamdulillah Indonesia menyumbangkan perkembangan ekonomi pada acara KTT ke 34 ASEAN," kata Bupati Bantaeng 2008-2018. (rah)