Nurdin Abdullah Bicara Konsep Kepemimpinan Depan Mahasiswa UIM

By Abdi Satria


nusakini.com--Makassar-Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. H. M. Nurdin Abdullah berbicara konsep kepemimpinan dihadapan mahasiswa baru Universitas Islam Makassar (UIM).  

Menurut Prof. Nurdin, menjadi seorang pemimpin bukan hanya sekedar memimpin begitu saja, namun yang paling utama bagaimana bisa menguasai medan di semua wilayah dimana daerah yang dipimpin. 

Selain itu, pemimpin juga diharuskan memanfaatkan potensi sumber daya manusia (SDM) ada untuk mendorong pembangunan dan inovasi diberbagai bidang demi kemajuan sebuah bangsa.

"Kita harus menjadi pemimpin yang bisa menguasai wilayah kita, dan kita harus memanfaatkan orang pintar kita, kami juga mengunakan kampus sebagai dapur pemerintah," ungkap Prof Nurdin dalam sambutannya, di acara kuliah umum UIM Makassar, Senin (16/9).

Terlebih, dalam menyelesaikan sebuah masalah, harus betul-betul cermati untuk memutuskan sesuatu dan menyelesaikannya dengan cara mencari tahu penyebab utama terjadinya masalah tersebut.

"Setiap terjadi sesuatu, jangan cari yang menggerakkan tapi cari penyebabnya. Dan saya menjadi Gubernur tentu momennya beda memimpin kabupaten dan menjadi pemimpin di provinsi kalau memimpin kabupaten kita punya otonomi wilayah, kalau di provinsi kita menjadi wakil pemerintah pusat di daerah," jelas mantan Bupati Bantaeng dua periode itu.

Olehnya, itu Prof. Nurdin berhara kepada seluruh mahasiswa UIM Makassar agar belajar lebih banyak dan lebih giat agar kelak bisa menjadi pemimpin yang hebat, karena pemimpin saat ini akan selesai sebab terhalang oleh waktu.

"Kami semua akan berakhir dan dibatasi oleh umur. Jadi saya harap anak-anak ku bisa selesai dan memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara," pungkasnya. (rah)