Normalisasi Saluran PHB Laut Banda Rampung

By Admin


nusakini.com-Jakarta-Proses normalisasi saluran air penghubung (PHB) di Jalan Laut Banda, serta sodetan Kanal Banjir Timur, di Duren Sawit, Jakarta Timur kini telah rampung. Diharapkan keduanya bisa mengatasi permasalahan genangan di kawasan tersebut. 

Kasudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, Mustajab mengatakan, panjang saluran air yang dinormalisasi mencapai 622 meter. Sedangkan sodetan Kanal Banjir Timur (KBT) sepanjang 30 meter.  

"Saluran PHB Laut Banda dan crossing KBT ini menyatu. Karena air dari saluran PHB dialirkan ke KBT melalui crossing. Saat ini pekerjaannya sudah rampung dan tinggal membersihkan sisa-sisa puingnya saja," kata Mustajab, Rabu (19/12).  

Menurutnya, dimensi saluran air dan sodetan sama, memiliki lebar dan kedalaman sekitar tiga meter. Konstruksinya menggunakan beton u ditch. Namun khusus di depan RSUK Duren Sawit menggunakan beton jenis box, karena bagian atasnya akan ditanami penghijauan.  

"Dari total panjang 652 meter itu, bagian yang terbuka sepanjang 310 meter dan tertutup 342 meter. Terbuka karena berada di areal bebas dan untuk mempermudah perawatan saluran PHB," tandasnya.(p/ab)