Nipah Mall Makassar Usung Konsep Green Building

By Admin


nusakini.com-Makassar-Nipah Mall & Office Building merupakan kawasan komersial hijau pertama di wilayah Indonesia Timur dengan konsep green building. Dengan kata lain, konsep green building sangat mempertimbangan lingkungan dalam setiap aspek konstruksi dan bangunan.

Subhan Djaya Mappaturung selaku Chief Operating Officer PT. Kalla  Inti Karsa mengatakan, “PT. Kalla Inti Karsa berkomitmen penuh untuk memenuhi  setiap aspek green building terhadap pembangunan Nipah Mall & Office Building  mengingat lokasi yang berada di tengah perkotaan. Salah satunya melalui proses  Sertifikasi Bangunan Hijau di Indonesia berdasarkan penilaian khas Indonesia yang  disebut dengan Greenship.”

Beberapa kriteria yang dimaksud untuk mencapai  sertifikasi Greenship antara lain yaitu luas lahan harus diatas 25.000 m2 dan bisa  memenuhi persentasi tata guna lahan sebesar 10 persen dari luas lahan, memiliki  efisiensi energi dalam gedung, terdapat konservasi air hingga penggunaan material bangunan yg ramah lingkungan. Pada tahun 2016, PT. Kalla Inti Karsa memperoleh penghargaan sertifikasi Asia Pacific Leadership in Green Building Awards 2016 dari Green Building Council dalam ajang Asia Pacific Awards. Sertifikasi ini diperoleh sebagai bentuk penghargaan atas usaha dari PT. Kalla Inti Karsa untuk menerapkan  praktik berkelanjutan salah satunya melalui pembangunan dan pengembangan  NIPAH Mall. 

Nipah Mall & Office Building juga hadir dengan mengusung konsep bangunan semi outdoor sehingga memungkinkan banyak area Alfresco dining pada food &  beverages di Nipah Mall. Dengan konsep semi outdoor, memungkinkan terjadinya  sirkulasi udara yang baik didukung dengan tanaman di semua area publik yang  dapat mengurangi penggunaan energi pada area tersebut, baik itu dari segi  pencahayaan maupun air conditioning. Adapun konsep interiornya sendiri menggunakan material ekspos sebagai material utama berupa concrete/beton, kayu, metal, batu bata dan terracota, kombinasi inilah yang membentuk atmosfir Nipah  

Mall yang diharapkan dapat memberikan experience yang berbeda dengan ruang retail yang ada di kota Makassar pada khususnya.Marketing Communication Department Head PT. Kalla Inti Karsa mengatakan, “Grand  Opening Nipah Mall diselenggarakan dengan mengusung konsep casual sesuai dengan  image NIPAH Mall sendiri.  

Semi standing party dengan permainan lampu dan laser juga dihadirkan untuk menambah suasana yang casual dan nyaman untuk tamu undangan sehingga tidak ada  jarak antara tamu yang satu dengan lainnya.”

Ia juga menambahkan, selain menampilkan Laser Show pada Opening Ceremony, terdapat kegiatan lain berupa  Charity Trauma Healing dengan mengadakan Song For Humanity Concert. “Song  For Humanity Concert menghadirkan OM PMR, Joan Idol dan Natinson untuk  menghibur pengunjung dan tamu undangan. Tidak sekedar konser biasa tapi  dikemas dengan aksi charity sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian terhadap  musibah gempa dan tsunasi yang melanda Palu dan Donggala.” (rajendra)