“Night Bus” Terpilih sebagai Film Terbaik FFI 2017

By Admin

nusakini.com-- “Night Bus” terpilih sebagai film terbaik dalam Festival Film Indonesia (FFI) 2017. Penganugerahaan Piala Citra kepada film yang dibintangi Teuku Rifnu Wikana itu dilakukan dalam Malam Anugerah Piala Citra FFI 2017 yang dihelat pada Sabtu (11/11) malam di Grand Kawanua, Manado, Sulawesi Utara. Produser film ini, Darius Sinathrya menerima langsung piala yang merupakan lambang supremasi tertinggi bagi insan perfilman sejak 1955 itu. 

Piala Citra untuk kategori film terbaik diserahkan oleh Presiden RI ke-5, Megawati. Sementara pengumuman peraih Piala Citra untuk kategori ini dibacakan oleh Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud, Hilmar Farid dan aktris Widyawati Sophiaan. 

Film “Night Bus” juga meraih 5 Piala Citra untuk 5 kategori lainnya, yaitu penulis skenario adaptasi terbaik, penyuntinh gambar terbaik, penata busana terbaik, penata rias terbaik, dan pemeran utama pria terbaik. 

“Night Bus” yang disutradarai oleh Emil Heradi bercerita tentang perjalanan sekelompok orang dalam sebuah bus yang menyusuri daerah konflik antara pemerintah dengan milisi gerakan kemerdekaan. 

Sementara itu, meski tidak meraih penghargaan untuk kategori film terbaik, “Pengabdi Setan” berhasil meraup Piala Citra terbanyak dengan 7 kategori. Sementara “Night Bus” berhasil meraih total 6 kategori penghargaan, “Cek Toko Sebelah” meraih 1 kategori penghargaan, “Posesif” menerima 3 kategori penghargaan, dan “Kartini” mendapat 1 kategori penghargaan. 

Dalam FFI 2017, diberikan pula penghargaan khusus Pengabdian Seumur Hidup (Lifetime Achievement) diberikan kepada Produser Budiyati Abiyoga. Budiyati merupakan produser sejumlah film yang pernah meraih Piala Citra, seperti Kejarlah Daku Kau Kutangkap (1985, Skenario Terbaik FFI 1986), Naga Bonar Jadi 2 (2007, Film Terbaik FFI 2007), dan film terbaru “Iqro: Petualangan Meraih Bintang” (2017) yang meraih nominasi FFI 2017. Pembacaan pemberian penghargaan khusus ini dilakukan oleh Produser Mira Lesmana. (p/ab)