Nico Rosberg Raih Pole di GP Baku

By Admin

nusakini.com--Pebalap Mercedes GP, Nico Rosberg, merebut pole position pada kualifikasi F1 GP Baku, Sabtu (18/6). Sementara rekan setimnya, Lewis Hamilton, harus puas start pada posisi ke-10. 

Rosberg mengakhiri babak kualifikasi ini dengan catatan waktu lap tercepat 1 menit 42,758 detik. Diikuti pebalap Force India, Sergio Perez, yang menorehkan waktu 1 menit 43,515 detik. 

Posisi ketiga ditempati pebalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo. Pebalap Australia ini unggul atas pebalap Ferrari, Sebastian Vettel. 

Namun, Ricciardo dan Vettel dipastikan start pada posisi kedua dan ketiga saat balapan F1 GP Baku, Minggu (19/6). Ini karena Perez yang menempati posisi kedua, mendapat hukuman penalti turun lima grid akibat pergantian gearbox. 

Pada sesi kualifikasi pertama, beberapa pebalap mengalami insiden salah jalur. Mulai dari Hamilton, Romain Grosjean, Joylon Palmer hingga Nico Hulkenberg.

Sementara pebalap Manor Racing, Rio Haryanto, tampil impresif pada sesi kualifikasi pertama ini. Pebalap asal Indonesia tersebut menorehkan waktu 1 menit 45,665 detik. 

Sayang, dia gagal lolos ke sesi kualifikasi kedua karena hanya menempati posisi ke-17. Selain Rio, Pascal Wehrlein, Jenson Button, Marcus Ericsson, Kevin Magnussen, dan Palmer, juga tereleminasi pada sesi pertama.

Sama seperti sesi pertama, kualifikasi kedua juga diwarnai sejumlah insiden. Tapi tak ada yang mengalami kecelakaan parah.

Hamilton nyaris saja tersisih pada sesi kedua. Pebalap asal Inggris ini sempat menduduki posisi ke-10. Namun, pada kesempatan terakhirnya, Hamilton mampu mempertajam waktu untuk menduduki posisi kedua dan lolos ke kualifiaksi ketiga. 

Pada sesi kedua ini, enam pebalap yang akhirnya tereleminasi adalah Romain Grosjean, Hulkenberg, Carlos Sainz Jr, Fernando Alonso, Esteban Gutierrez, dan Felipe Nasr. 

Pada sesi kualifikasi ketiga, Perez sempat membuat kejutan dengan menduduki posisi pertama. Pebalap Force India itu menorehkan waktu 1 menit 43,515 detik.

Namun, Perez tak bertahan lama di posisi terdepan. Rosberg mampu menjadi yang tercepat dengan 1 menit 42,758 detik. 

Saat Q3 tersisa dua menit, stewards mengeluarkan red flag setelah terjadi insiden yang melibatkan Hamilton pada tikungan ke-10. Mobilnya membentur dinding pembatas dan mengalami kerusakan hingga tak bisa melanjutkan kualifikasi. Sial bagi Hamilton, dia harus berada di posisi ke-10 akibat insiden ini. 

Saat kualifikasi dilanjutkan, tak ada pebalap yang mampu mengalahkan waktu lap tercepat yang dibuat Rosberg. Pebalap asal Jerman itu pun akhirnya merebut pole position balapan F1 GP Baku. (b/ab)