Nico Rosberg Juara Dunia F1 2016

By Admin

nusakini.com--Pebalap Mercedes, Nico Rosberg, merebut gelar juara F1 2016 setelah finis kedua pada balapan pamungkas di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Minggu (27/11). Dia unggul lima poin di klasemen akhir atas rekan setimnya, Lewis Hamilton.  

Hingga balapan terakhir, Rosberg mendulang 385 poin. Sedangkan Hamilton yang menjadi juara pada balapan F1 GP Abu Dhabi, harus puas berada di peringkat kedua klasemen akhir. Bagi Rosberg, ini merupakan gelar juara dunia pertamanya di ajang F1, sekaligus mencegah Hamilton meraih titel empat musim beruntun.

Peringkat ketiga di klasmen akhir ditempati pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo, yang mengantongi 256 poin. Dia unggul 44 poin atas peringkat keempat, Sebastian Vettel (Ferrari). Sedangkan posisi kelima ditempati pebalap muda asal Belanda, Max Verstappen, yang memperkuat Red Bull, dengan torehan 204 poin.  

Bukan hanya Nico Rosberg yang berpesta di Abu Dhabi. Mercedes juga kembali menegaskan dominasinya dengan menyempurnakan dominasi di ajang F1 2016. Gelar juara konstrukstor sudah diraih Mercedes pada F1 GP Jepang pada pertengahan Oktober 2016. Seolah ingin menegaskan superioritas mereka, Mercedes untuk kesekian kali berhasil menempatkan kedua pebalap mereka di posisi satu-dua pada F1 GP Abu Dhabi. (p/ab)