Musik Angklung Meriahkan Perayaan Harmony Day di Australia

By Admin

nusakini.com--Komunitas Indonesia turut berkontribusi pada perayaan Harmony Day yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Randwick, Australia, di The Spot Festival, Randwick akhi pekan lalu.Komunitas Indonesia memeriahkan festival tersebut dengan menampilkan musik Angklung, sekaligus untuk mempromosikan musik Angklung kepada publik setempat. 

Pertunjukan musik Angklung tersebut merupakan kolaborasi antara KJRI Sydney dan komunitas Indonesia di Sydney, yaitu kelompok Musik Angklung dari Indonesian Presbyterian Church di Randwik. Konsul Zani Murnia dari KJRI Sydney yang menghadiri kegiatan memberikan sambutan dan menjelaskan mengenai musik Angklung kepada publik yang memadati panggung pentas Harmony Stage. Selama sekitar 20 menit para pemain Angklung sebanyak 24 orang menampilkan lagu-lagu tradisional dan nasional Indonesia, dan lagu internasional seperti Waltzing Matilda dan Amazing Grace. 

“Atas nama Pemerintah Indonesia, saya menyampaikan apresiasi atas kesempatan ini untuk menampilkan tradisi dan budaya Indonesia pada sebuah festival multikultur sebesar ini," ungkap Zani Murnia dalam sambutannya. 

The Spot Festival merupakan festival terbesar Dewan Kota Randwick, dikunjungi sekitar sekitar 20.000 orang selama sehari pelaksanaannya. Penampilan Indonesia merupakan satu dari 4 pertunjukan budaya di Harmony Stage. Walikota Randwick, Lindsay Shirley juga hadir dan membuka festival tersebut. “Komunitas kita diberkahi dengan lebih dari 100 etnis yang berbeda," kata Walikota Shirley.  

“The Spot Festival menawarkan kesempatan besar kepada setiap orang untuk dating dan merayakan keberagaman budaya Australia, inklusifnes, rasa hormat dan rasa memiliki melalui kuliner dan musik," ujar Walikota Shirley menutup sambutannya. (p/ab)