Monaco Dukung Peran Indonesia dalam Penciptaan Perdamaian Internasional

By Admin

nusakini.com--Monaco menghargai dan mendukung penuh peran penting Indonesia dalam menciptakan kestabilan di kawasan dan memelihara perdamaian internasional. Hal tersebut disampaikan Kepala Pemerintahan Monaco Serge Telle, saat menerima kunjungan Wakil Menteri Luar Negeri RI, AM Fachir di kediaman resminya, Jumat (1/12). 

Dalam pertemuan tersebut, Wakil Menlu RI memaparkan berbagai upaya dan inisiatif Indonesia di kawasan seperti dalam isu Myanmar, Laut Tiongkok Selatan, dan penurunan ketegangan di semenanjung Korea. Ditekankan pula bahwa inisiatif tersebut dilakukan sebagai bagian dari pelaksanaan mandat konsitusi. 

Dalam pembicaraan keduanya juga sepakat akan pentingnya kerjasama global dalam memajukan isu kelautan dan lingkungan hidup. Wamenlu secara khusus menyampaikan penghargaan atas perhatian dan inisiatif Kepala Negara Monaco, Pangeran Albert II, dalam memperkuat kerjasama lingkungan di Indonesia. 

Kepala Pemerintahan Monaco juga menyambut baik undangan Indonesia untuk hadir dalam Our Ocean Conference yang akan digelar di Bali pada bulan Oktober 2018. 

Sebagai penutup, kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerjasama di bidang ekonomi dan perdagangan. Nilai perdagangan bilateral Indonesia dan Monaco pada tahun 2016 sebesar USD 867 ribu dengan surplus pada Indonesia sebesar USD 127,7 ribu. Komoditas ekspor Indonesia ke Monaco berupa pulp dan kertas, kayu olahan, tekstil, kulit, besi baja, mesin dan suku cadang otomotif. (p/ab)