Mitsubishi Bakal Targetkan Jumlah Diler Naik 100%

By Admin


nusakini.com - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor Mitsubishi dan Fuso di Indonesia, menargetkan jumlah diler kendaraan penumpang naik 100% menjadi 162 dalam beberapa tahun ke depan, dibandingkan saat ini 81.

 Ini dilakukan untuk menggenjot penjualan sekaligus memperluas pemasaran produk andalan small crossover MPV tujuh penumpang.

 Operating General Manager MMC Marketing Division KTBIrwan Kuncoro menyatakan, KTB agresif membuka dilerkendaraan penumpang yang akan menjadi infrastruktur penjuala small MPV. Dia meyakini mobil itu bakalbooming, karena berdesain atraktif dan dibekalimesin agresif.

 “Small MPV akan menjadi model andalan kami, karena segmen yang dimasuki mencakup 40-50% pasar mobil domestik,” ujar Irwan di sela peresmian diler Nusantara Kranji, Bekasi Barat, Jawa Barat, Minggu (31/7).

 Dia menegaskan, mobil konsep small MPV akan diperkenalkan pertama kali di Indonesia dan dunia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), 11-21 Agustus mendatang. Namun, KTB belum membuka inden model ini. Yang pasti, model ini akan mulai dijual tahun depan, seiring rampungnya pembangunan pabrik Mitsubishi Motors Corporation (MMC) di Bekasi, Jawa Barat.

 Irwan menilai, prospek pasar kendaraan penumpang nasional sangat solid. Sebagai gambaran, per Juni 2016, pasar kendaraan penumpang tumbuh 10%, jauh di atas pasar yang hanya 1-2%. Adapun pasar kendaraan komersial ringan turun 20%, seiring perlambatan ekonomi nasional dan jebloknya harga komoditas. Pasar kendaraan komersial juga terimbas pengetatan kredit lembaga keuangan.

 Dia menambahkan, pangsa pasar Mitsubishi di kendaraan komersial diperkirakan melesat setelah small MPV dirilis, dibandingkan saat ini 3%.

 Sementara itu, pangsa pasar Mitsubishi di pasar kendaraan niaga ringan (light commercial vehicle/LCV) mencapai 20%. “Small MPV adalah proyek besar MMC di Indonesia, yang diharapkan dapat mengatrol penjualan kendaraan penumpang. Saat ini, penjualan kendaraan penumpang kami d motori oleh SUV All New Pajero Sport yang dilepas akhir Januari tahun ini,” kata dia.

 Di sisi lain, diler Nusantara Bekasi merupakan diler ke-250 Mitsubishi dan Fuso di Indonesia. Diler ini memiliki layanan sales, service spare parts (3S). Produk yang dijual adalah Pajero Sport, Delica, Outlander Sport, Mirage, dan Triton.

 “KTB berharap dapat menjangkau konsumen yang lebih luas dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan kendaraan, layanan purnajual dan suku cadang sesuai standar Mitsubishi, sebagai salah satu persiapan peluncuran small MPV tahun depan,” kata Irwan.(p/mk)