Misi Dagang ke Afrika: Tingkatkan Diversifikasi Produk dan Pasar Ekspor Indonesia 5,6%

By Admin

nusakini.com--Indonesia gencar melakukan diversifikasi produk dan pasar ekspor dalam mengatasi perlambatan ekonomi global. Upaya ini dilakukan melalui rangkaian Misi Dagang ke Afrika Selatan (Afsel) dan Nigeria yang berlangsung pada 20-26 Juli 2017. 

"Indonesia menjajaki peluang kerja sama perdagangan di Afsel dan Nigeria karena kedua negara merupakan pintu masuk utama bagi produk-produk ekspor Indonesia di kawasan Afrika. Indonesia menargetkan ekspor nonmigas tahun 2017 ke Afsel dan Nigeria meningkat masing-masing 5,6%, atau mencapai USD 804,6 juta ke  Afsel dan USD 321,3 juta ke Nigeria," jelas Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di kantor Kementerian Perdagangan, Senin (31/7). 

Dalam kunjungannya ke Afsel, yang berlangsung pada 21-23 Juli 2017, Mendag Enggar hadir pada pertemuan Joint Trade Comittee (JTC) ke-3 untuk membahas upaya peningkatan hubungan kerja sama bilateral di bidang  ekonomi dan perdagangan. 

"Pada JTC ke-3 ini, kedua negara sepakat menandatangani Joint Working Report untuk menyelesaikan isu hambatan dagang, membahas Preferential Trade Agreement (PTA) Indonesia-SACU, serta melakukan promosi  dagang dan investasi secara intesif," tandasnya.(p/ab)