Minum Kopi di Luar Angkasa, Wah!

By Admin


nusakini.com - Perjalanan luar angkasa yang jauh terkadang membuat para astronot mengantuk, terlebih salah seorang astronot berkebangsaan Italia yang kental akan budaya minum kopinya pasti akan uring-uringan jika sehari saja tidak minum kopi.

Samantha Cristoforetti adalah seorang Astronot wanita berkebangsaan Italia pertama yang meminum kopi espresso di luar angkasa. Pada tahun 2014 Samantha bersama dua astronot lain berangkat dari bumi menuju stasiun luar angkasa ISS untuk menjalankan misi Futura selama 199 hari.


Tidak seperti mesin espresso yang ada di bumi, Samantha menyeduh espresso menggunakan mesin ISSpersso yang dirancang khusus untuk membuat kopi di luar angkasa. ISSpresso sendiri dibuat melalui kerjasama antara produsen kopi Lavazza, perusahaan permesinan Argotec, dan Italian Space Agency.


“Kopi Italia adalah minuman tanpa batas, dan kami telah memikirkan untuk membawa espresso ke luar angkasa sejak lama” ungkap Wakil Presiden Lavazza, Giuseppe Lavazza.

Dalam penyajiannya, ISSpresso tidak langsung menggunakan cangkir, namun menggunakan kantung menyerupai botol infus. ISSpresso juga mendesain cangkir khusus, jadi para astronot tidak kehilangan sensasi menyesap espresso menggunakan cangkir saat di luar angkasa.


Bagi Samantha, membuat espresso di luar angkasa merupakan kesempatan yang sangat istimewa, terlebih ia merupakan orang Italia

“Menjelang akhir [misi Futura] kami mendapat kiriman mesin espresso dari Italia” kata Samantha. “Kru kami memiliki kesempatan istimewa karena menjadi orang yang pertama kali menyeduh espresso di luar angkasa, bahkan mereka menyiapkan cangkir kopi Zero-Gravity, jadi aku bisa menikmati cangkirku dengan gaya”. (n/om)