MI se Lumajang Gelar UAMBD Berbasis Komputer

By Admin

nusakini.com-- Madrasah Ibtidaiyah se Kabupaten Lumajang menggelar Ujian Akhir Madrasah Berstandar Daerah (UAMBD) Berbasis Komputer bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) . UAMBD BK siswa MI ini berlangsung pada 16 - 18 April 2018. 

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Lumajang, Muhammad Khoiri mengatakan, penyelenggaraan UAMBD BK secara umum berjalan lancar. Padahal, tahun ini adalah kali pertama UAMBD BK digelar secara menyeluruh di MI se Kab Lumajang. 

“Alhamdulillah pelaksanaan UAMBD BK MI di Kabupaten Lumajang berjalan tertib, lancar dan aman, tanpa ada kendala. Semoga pengalaman ini dapat menginspirasi madrasah lain untuk selalu berinovasi dalam dunia pendidikan sehingga dapat menciptakan madrasah yang hebat dan bermartabat,” ujar Khoiri di Lumajang, Kamis (19/04).   

Menurutnya, di Kab Lumajang, terdapat 192 MI dan semuanya melaksanakan UNBD BK. Terobosan ini sekaligus untuk menjawab perkembangan era digital, tidak terkecuali di lembaga pendidikan. 

Khoiri mengatakan, ide UAMBD BK ini berawal dari eksperimen KKM MI Kabupaten Lumajang untuk menerapkan aplikasi CBT (Computer Based Test) yang digunakan dalam pelaksanaan UNBK tingkat MTs/MA. Dari situ, diperoleh piranti untuk ujian berbasis komputer yang simple, mudah dan multiguna, yaitu edubox. 

Setelah beberapa kali uji coba, Kementerian Agama Kab Lumajang membentuk Tim yang terdiri dari unsur Pendidikan Madrasah (Penma), Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas), dan Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MI untuk sosialisasi UAMBD BK tingkat MI ke seluruh madrasah di 21 kecamatan se Kabupaten Lumajang. Hasil sosialisasi menunjukan bahwa seluruh MI siap melaksanakan UAMBD dan USBN bahkan PAS Kelas VI Berbasis Komputer. 

Setelah semua instrumen pendukung siap, Tim lalu menyiapkan SDM Guru dan Siswa sekaligus melaksanakan simulasi di setiap MI, mempersiapan teknisi dan proktor, serta sistem kendali jika terjadi pemadaman listrik mendadak dan permasalahan koneksi internet yang lemah.  

“Pelaksanaan UAMBD dan USBN MI berbasis komputer ini terpusat di Ruang Pendidikan Madrasah Kab Lumajang dengan fasilitas server/komputer (sewa domain) dikendalikan oleh 2 orang teknisi/proktor kabupaten,” ujarnya.  

“Ketika ujian berlangsung, proktor bertugas mengupload soal ujian antara pukul 05.00 s/d 07.00 WIB dan mengupload hasil ujian pada pukul 10.00 s/d 12.00 WIB. Proktor juga bertugas membantu setiap permasalahan yang muncul di tiap lembaga selama ujian berlangsung, dan merekap hasil ujian dari masing-masing lembaga,” tandasnya.(p/ab)