Menuju Profesional, Korpri Bertransformasi ke Digital

By Admin

nusakini.com--Ketua DPN Korps Pegawai Negeri (Korpri), Zudan Arif Fakhrulloh akan mentransformasi organisasinya menjadi lebih profesional. Tahu apa yang harus dilakukan, cepat apa langkah yang harus dikerjakan, solid pada tujuan percepatan pembangunan bangsa. 

"Digital adalah jalan tercepat menuju Korpri yang profesional," kata Zudan yang juga menjabat sebagai Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Pada HUT Korpri yang ke-45 ini, Korpri akan meluncurkan aplikasi Toktok, portal belanja online untuk memenuhi kebutuhan belanja harian dan bulanan PNS seluruh Indonesia. “Itu baru satu program, akan ada program digital lain yang akan kami garap, termasuk media komunikasi kami,” jelas dia. 

Toktok merupakan Toko Online Korpri. Aplikasi ini tidak hanya memberi manfaat langsung bagi PNS tetapi juga memberikan keuntungan bagi organisasi Korpri. Transaksi bisa dilakukan dengan cara tunai, transfer, debit dan kredit. 

“Layanannya juga beragam. Mulai fasilitas belanja kebutuhan harian, bulanan,” kata dia yang saat ini menjadi Plt Gubernur Gorontalo ini. 

Selain itu, lanjutnya, Toktok juga akan bekerjasama dengan pengusaha kecil dan menengah (UKM) dari seluruh Indonesia. Platform digital ini bisa dimanfaatkan untuk memasarkan karya para UMKM yang selama ini menghadapi problem marketing. “Ini akan memperkuat eksistensi Korpri,” ujar dia. 

Zudan juga mengajak kepada seluruh anggotanya untuk berani berinovasi dan keluar dari zona nyaman. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Zudan mendorong ASN membangun zona nyaman baru, dan meninggalkan pola kerja manual, beralih ke digital. 

“Termasuk dalam membangan own media online-nya, kami ingin prestasi hebat, kisah sukses, inovasi baru, bagi penyelenggara pemerintahan ini tercover dengan optimal,” kata Zudan. 

Baginya, tidak semua ANS itu berkinerja buruk. "Online news kami akan menampilkan terobosan-terobosan yang menginspirasi sukses dan bisa diakses dan dikembangkan di mana saja," tuturnya. 

Ia menyebutkan, Korpri baru ini harus peduli anggotanya, yang taku ke mana harus bergerak, yang mensejahterakan anggotanya dan memfasilitasi untuk memudahkan hidup anggotanya. 

“Bentuk konkretnya kami mulai antara dengan membuka Toktok, Toko Online Korpri, serta media komunikasi interaktif yang online,” katanya. 

Berbeda dengan banyak e-commerce lainnya, kata Zudan, aplikasi Toktok ini punya banyak keuntungan menarik bagi anggota Korpri. Keuntungan yang dimaksud adalah setiap pembelanjaan akan mendapatkan point rewards yang memiliki multi manfaat. 

“Point rewards tersebut diberikan untuk individu. Tak hanya berbelanja saja jadinya. Anggota Korpri juga kesempatan mendapatkan hadiah, promo, voucher dan lain-lain,” ujarnya. 

Zudan berharap, Toktok mampu melayani secara lengkap anggota, meningkatkan literasi digital. Sekaligus menghidupkan koperasi-koperasi dan terutama kesejahteraan para anggota Korpri.(p/ab)