Menteri Syafruddin Dorong BP Batam Dukung Operasional MPP Batam

By Admin


nusakini.com-Batam-Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin mendorong BP Batam agar lebih meningkatkan kualitas pelayanan. Keberadaan Data Center yang ada di BP Batam diharapkan dapat mendukung operasional Mal Pelayanan Publik dengan lebih baik lagi. 

Dikatakan, peningkatan kualitas pelayanan bagi masyarakat sudah merupakan sebuah keharusan yang harus diberikan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai pemberi layanan. Hal itu dapat dilaksanakan dengan mengembangkan kapasitas dan kompetensi secara konsisten, serta didukung dengan sistem IT yang handal. “Caranya dengan memberikan pelayanan yang cepat, mudah, nyaman, dan terjangkau,” ujarnya saat memberikan arahan pada kunjungan kerja ke kantor BP Batam, di Batam, Kepulauan Riau, Kamis (20/09). 

Selain dari itu Menteri Syafruddin secara khusus mendorong agar Data Center yang ada di BP Batam dapat menjadi komponen penting dalam pengambilan kebijakan atau Decision Support System serta dapat mendukung operasional Mal Pelayanan Publik dengan lebih baik lagi. 

Menteri menambahkan, saat ini pemerintah tengah dihadapkan pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), yaitu dengan adanya satu pasar tunggal ASEAN dimana pergerakan barang dan jasa semakin bebas di kawasan ASEAN. Hal tersebut mengakibatkan semakin ketatnya persaingan antar individu antar negara yang harus diantisipasi dengan baik. 

Tantangan lainnya adalah revolusi industri 4.0, yang menuntut adanya integrasi pelayanan publik berbasis IT. “Dengan berbagai macam yang tengah dihadapi bangsa kita, maka diperlukan integrasi pelayanan publik berbasis IT dan mendorong SDM yang kompeten sesuai dengan tuntutan perkembangan global,” imbuhnya. 

Langkah tersebut sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), yang merupakan kelanjutan dari Millenium Development Goals (MDGs) guna mengatasi masalah kemiskinan, kesenjangan, dan perubahan iklim dengan aksi nyata. 

Sementara itu Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo menyampaikan bahwa pihaknya memiliki komitmen untuk selalu memperbaiki kualitas pelayanan publik. Hal tersebut dibuktikan dengan membangun Mal Pelayanan Publik bersama dengan Pemprov Kepri dan Pemkot Batam, dengan harapan dapat memberikan kemudahan pada masyarakat dalam mengurus segala perizinan. Selain itu pihaknya telah menjalin komunikasi dan kerjasama dengan berbagai pihak, baik pemda maupun stakeholder lainnya. (p/ab)