Menteri Susi Ingin Perbankan Turunkan Suku Bunga Buat Nelayan

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengungkapkan saat ini nelayan di berbagai daerah sedang bergairah untuk mengoptimalkan daya tangkap terhadap sumber daya ikan di Tanah Air.

Peningkatan gairah itu disinyalir karena keberhasilan kebijakan memberantas kapal penangkap ikan ilegal di kawasan perairan Indonesia. 

Untuk itu, lanjutnya, semangat yang dimiliki nelayan di berbagai daerah itu perlu disertai dengan kecukupan pembiayaan operasionalnya. 

Karena itu, Menteri Susi menginginkan perbankan dapat mengeluarkan kebijakan untuk menurunkan suku bunga pinjaman bagi nelayan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir. 

"Suku bunga turunkan supaya nelayan bisa lebih optimal membeli peralatan tangkap ikan yang baru," kata Menteri Susi dalam rilis berita KKP, Selasa (12/4/2016) 

Sebelumnya, Anggota DPR RI yang tergabung dalam Komisi IV dalam kunjungan peninjauan Pelabuhan Perikanan Pantai Tawang di Kendal, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu masih menemukan adanya nelayan yang terjerat tengkulak.(ab)