Menteri Susi Imbau Dunia Internasional Pertegas Komitmen Permberantasan Illegal Fishing

By Admin


nusakini.com - ROMA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi pembicara dalam peringatan Hari Internasional Perlawanan terhadap Penangkapan Ikan secara Ilegal atau International Day for the Fight Against Illegal, Unreported and Unregulated (IUU) Fishing, di Sheikh Zayed Centre, Kantor Pusat Food and Agriculture Organization (FAO) di Roma, Italia, Selasa (5/6/2018).

Pertemuan ini dihadiri oleh para pejabat tinggi dari negara-negara yang tergabung dalam FAO dan aktif dalam menyuarakan imbauan pemberantasan IUU Fishing. Dalam pertemuan tersebut, Menteri Susi mengimbau dunia internasional untuk dapat mempertegas komitmen dalam upaya pemberantasan IUU Fishing, seperti halnya yang sudah dilakukan Indonesia.

Tanggal 5 Juni ditetapkan sebagai Hari Internasional Memerangi Penangkapan Ikan secara Ilegal berdasarkan berlakunya (entry into force) perjanjian internasional Port State Measures Agreement (PSMA) to Prevent, Deter, and Eliminate Illegal, Unreported, and Unregulated Fishing yang ditetapkan pada 5 Juni 2016 lalu. Perjanjian ini mengikat dunia internasional untuk bersama-sama berkomitmen memberantas segala praktik IUU Fishing.(p/ma)