Menteri Saleh: Program Industri Prioritas Perlu Dukungan Semua Kementerian

By Admin


nusakini.com - Pemerintah perlu menata ulang regulasi beberapa area yang berkenaan dengan industri seperti infrastruktur, pariwisata, perikanan dan kesehatan. Apalagi pada tahun kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo, masalah industrialisasi menjadi salah satu prioritas.

“Harus ada rancangan untuk mengembangkan beberapa industri pilihan. Kita fokus di situ dulu,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam Rakor Pembahasan Prioritas Industrialisasi dan Kelanjutan Penyederhanaan Izin dan Prosedur, di Jakarta, Kamis (12/5/2016). 

Kemudian menurut Menteri Perindustrian Saleh Husin di tempat yang sama, program industri prioritas nantinya perlu didukung oleh seluruh Kementerian. 

Lanjut Saleh, Kementerian Perindustrian telah membuat Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional tahun 2015-2035 dengan tiga tahapan capaian, yaitu: 

1) Meningkatkan nilai tambah SDA. 

2) Meningkatkan keunggulan kompetitif 

3) Meningkatkan wawasan lingkungan serta Indonesia sebagai Negara industri tangguh. 

Saleh mengharapkan pemerintah tidak saja menjanjikan kemudahan izin dan prosedur pada investor, tetapi penerapannya juga harus sesuai dengan apa yang dijanjikan.(if/mk)